Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Senin, 23 Januari 2012

Kipas Angin Bergetar Tapi Tidak Berputar






Sudah banyak Tulisan2 di blog yang membahas
tentang kerusakan Kipas angin, baik untuk
kipas angin yang matot(mati total) ataupun
yang cuma bergetar, kipasnya tidak mutar.

pada tulisan saya ini, saya akan bahas ttg
kipas angin yang cuma bergetar (gak Muter).
karena kerusakan itu biasanya hal yang
pertama dialami oleh kipas angin, sebelum
kemudian jadi mati total.

Kalau kebetulan kipas angin anda mengalami
hal seperti itu,( bergetar tidak berputer)
jangan bingung dulu, karena belum tentu
Kipas angin anda itu Rusak.

Jika keadaan kipas angin seperti itu,hanya
ada dua penyebabnya, yaitu :

1. As (poros) dynamo sudah tidak sejajar.
Biasanya terjadi karena pengenduran dari
salah satu baut yang mengikat Dynamo.
akibat dari benturan atau pernah panas
yang berlebihan.
sehingga As posisinya miring atau poros
kipas jadi lengket pada dinding teras
gulungan.
Untuk memperbaikinya, buka saja tutup
Plastik bagian luar Dynamo, kemudian
periksa baut-baut mana yang kendur. dan
kencangkan. lalu coba tes, dengan
mencolokan jeknya ke Steker.Kalau masih
belum mau berputar, kendurkan semua
bautnya, kemudian kencangkan kembali
secara tidak berurut, ( Baut yang letak
nya berlawanan). Jika yang anda kencang
kan baut yang sebelah kiri bawah, maka
selanjutnya kencangkan yang kanan atas.
secara pelahan dengan kekuatan yang
sama, sambil anda putar2 As kipas dgn
jari anda sampai terasa putarannya
enteng.

Kalau ada penulis Blog yang menganjur
kan, supaya As Kipas diberi Pelumas, itu
suatu kesalahan. Karena dengan pemberian
pelumas pada kipas angin hanya akan mem
berikan manfaat yang sementara. karena
setelah kipas berfungsi ( bahkan mungkin
putarannya lebih kencang ), tapi setelah
beberapa bulan, dimana debu sudah mulai
bercampur dengan pelumas maka akan ter
jadi penyempitan ruang As, karena debu
dan Pelumas yang mengering, akibatnya -
kipas harus dibongkar dan dibersihkan
lagi.

2. Jika Tahap pertama sudah anda lakukan
akan tetap kipas angin masih tidak mau
berputar, maka tinggal satu langkah lagi
yaitu, anda harus ganti Capasitor nya.
atau bahkan anda tidak perlu melakukan
langkah pertama, jika saat kipas angin
dalam keadaan tidak nyolok ke listrik-
dan anda coba putar 2 kipasnya dengan
jari anda, dan anda rasakan putarannya
enteng-enteng saja. yaa.. langsung ganti
saja Capasitornya...beres.

Selamat mencoba. trik ini sudah terbukti.
mudah-mudahan trik ini tidak mengurangi
rezekinya tukang reparasi kipas. wasalam.

186 komentar:

  1. masalah gue lain lg mas, kipas angin saya mendadak menjadi sangat kencang, pokoknya diluar normal, kalo dibuka penutup dinamonya, terasa kalo dinamo sangat panas, apa ya penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran kapasitor yg dipakai terlalu besar

      Hapus
    2. Setelah sy bongakar bersihin debu..sblm ny berat muter..sy ksh oil.trs enteng skrg muter ny..tp.pas sy.colok.k.listrik.ga muter malah panas aj..kira" apny ya..ap mgkn kabel kumparan ny ad yg.putus ate.atw ap mas

      Hapus
    3. Di mana toko jual sperpart kipas angin area surabaya

      Hapus
    4. Di mana toko jual sperpart kipas angin area surabaya

      Hapus
  2. Wah Pasti Putaran kipasnya kencang yaa..
    Kondisi seperti itu biasanya dikarenakan adanya gulungan dynamo yang hubung singkat(korslet).
    Solusinya, ente buka tuh dynamo. ente cari kawat mana yang terkelupas dan korslet, ente pisahkan secara hati2, lalu di cat atau disolatip. Atau ente cari Travo bekas Lampu TL yang 15w. kemudian ente serikan pada kabel yang menuju ke stop kontak (sebagai langkah pengurangan voltasi listrik). Ok silahkan dicoba..

    BalasHapus
  3. mas kipas saya lagi nyala tau-tau mati total gak mau nyala lagi kl di lait dari kabel bagus semua karena blm lama belinya , apa iya capsitornya ? capsitor sama fuse ptc sama gak ya ? kl gambar di atas itu namanya apa ?

    BalasHapus
  4. Gambar disebelah dynamo itu namanya capacitor. Capacitor dengan fuse ptc jelas beda. Capacitor pd dynamo berfungsi untuk membantu arah putar rotor, sedangkan fuse ptc berfungsi untuk protec thermal atau sekring terhadap panas berlebihan. Jadi untuk kasus yang ente alami, kemungkinan besar fuse ptc nya. untuk mencobanya silahkan sambung langsung (tanpa fuse ptc). Ok trims

    BalasHapus
  5. ikut nyambung maas...dimana letaknya fuse itu.. tk cari koq gk kelihatan yg ada cuma sambungan kabel, kipas anginnya merk panalux..

    BalasHapus
  6. Oh iya.. saya lupa tuh ngasih tahu. fuse itu terletak diantara gulungan kawat tembaga. biasanya di jepit kertas penyekat yang diikat dengan benang. bentuknya seperti resistor (sekecil cabe rawit).

    BalasHapus
  7. Nih ada alamat buat ngeliat gambar bentuk fuse thermal

    http://image.made-in-china.com/2f0j00RBwEbnGyLLkZ/Thermal-Fuse-Micro-Fuse-KLS5-104-.jpg.

    perlu diperhatikan, kalau mau buka ikatan benang harus hati2, karena kawat tembaga untuk dynamo kipas biasanya halus, mudah putus.

    BalasHapus
  8. saya juga punya kipas angin yang rusak bos tapi aneh rusak nya kumparan semua kita cek normal, kapasitor juga udah coba saya ganti baru skring, thermal fuse normal tetap aja kipas ngga mau nyala tapi kalau tanpa menggunakan kapasitor kabel nya di langsungin bisa tapi harus di bantu kita putar pake tangan baru deh ber putar kira kira apanya yaaaa?? jawaban nya sangat di tunggu yaa terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ikhsan, pertama saya ucapkan terimakasih anda telah mampir ke blog saya.

      Kalau saya perhatikan permas'alahan kipas angin anda ini, sepertinya ada ma'salah yang nggak nampak dimata, ma'salah tersebut haruslah anda yakinkan dulu. dimana letak mas'alahnya kemungkinan besar pada spool help nya (putus).
      Coba anda lepas Capacitornya, kemudian kabel kumparan (spool) yang sudah lepas dari Capacitor tadi, anda tes dengan AVO meter, Jika dilihat dari keterangan anda, saya yakin kumparan yang menuju capacitor telah putus. Dan jika Avo meter menunjukkan penyimpangan (kumparan tidak putus), maka berarti kumparan tsb sudah hubung singkat. jadi harus digulung ulang.

      Hapus
  9. siang mas,,,,@mau tnya dounk,,,sya punya kipas angin,,,,,,,saya tess hidupin nonstop 2 hari,,,,,,,ehh ternyata putarannya melmbat ,,,,,,sya putar" asnya,,,agak keras,,,,nahh truss sya bongkarr,,,,,sya besihkan,,,,
    nahh pas sya pasang seperti semula,,,,koxx tiba" tidakk mau mutar...
    hanya terdengar percikan listrik ja didinamonya,,,,,,
    kira" apa yg nyebabin seperti itu mas,,,,mohon bantuannya,,,,,,???????????????

    BalasHapus
  10. Yang perlu anda perhatikan lebih dulu adalah; kipas angin yang anda maksud itu, kipas angin yang model (type) gimana. Apakah Kipas angin yg menggunakan kapasitor seperti pd gambar diatas, atau kipas angin yg tidak menggunakan kapasitor.

    Kalau terdengar percikan listrik seperti yg anda maksudkan, mungkin saat anda bersihkan kawat tembaganya terkelupas yg menyebabkan percikan listrik, kalau percikan listrik tsb tidak sampai memutuskan Gulungan kawat tembaga, itu no broblem. tapi kalau sampe memutuskan gulungan, anda harus mencari ujung2 kawatnya, dan menyambungkan kembali. Untuk mengetahui tandanya. coba Kabel kipas anda hubungkan ke listrik, kemudian di ON. kemudian gerakan As kipas ke kiri / kanan, kalau terasa berat seperti ada gaya magnit, berarti gulungan belum putus. Jadi mungkin kedudukan Boss nya (tempat As) yang kurang tepat.

    BalasHapus
  11. mas, kipas angin ane waktu gua nyalain ithue brputar, tp gak adda 1 menit mati....ane coba idupin laghie udda gak bsa. apalagi waktu ane bongkar, ithue baling" na ane putar" trasa agak berat....n gak maw brputar lagie.....knp ithue mas kira" ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat anda putar2 baling2nya, apakah listrik dalam keadaan terhubung atau tidak?
      Kalau dalam keadaan terhubung dengn listrik. kemungkinannya Lubang as sudah longgar, sehingga saat terjadi magnit pada lempeng2 besi kerren, Nok As langsung lengket ke dinding besi. dan Jika dibiarkan saja kawat sepul akan terbakar.
      solusi untuk yang seperti itu, sebaiknya anda ganti lubang as nya atau bahasa pasarnya Bosch.

      Hapus
  12. Mas maaf numpang nanya, tadi bart aja kipas saya jatuh, tepat d mocong baling" nya, eh pas ane colokin malah matot, ane bonkar, tanpa baling" nya truz ane nyalain, eh muter nya malah lambat bgt, kira" masalah nya apa ya mas,? Trims

    BalasHapus
  13. mau numpang tanya juga mas...
    kalau kipas saya putarannya masih lumayan kencang,,,tapi kemampuan geleng2ny berkurang,,,itu apa penyebabny,,n solusinya gmn ya...trima kasih banyak sebelumnya...
    ^_^

    BalasHapus
  14. Pertama yang menyebabkan kemampuan geleng2nya berkurang, adalah disebabkan oleh karena Gerigi (Gir) yang bertemu dengan As Dyinamo Kipas, sudah Aus( terkikis). karena per-aduan antara As dan Gir tsb berbeda bahan, Kalau As jelas terbuat dari besi, sedangkan Gir yang mendapat umpan putaran As, terbuat dari plastik.
    Kedua, kemungkinan Lubang Poros bergeser (atau Longgar) sehingga, kadang antara kedua As bisa ketemu kadang tidak.
    Solusinya, ya... Gir Plastiknya di ganti.

    BalasHapus
  15. mo nanya juga nih.....sy punya kipas angin cosmos hidup tp putarannya ga bisa kencang walau sdh ke level 3, capasitor dah di ganti, as n boss nya jg msh bagus. Kira2 apanya ya mas? makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mas Ahmad, terimakasih atas kunjungannya.
      mengenai kondisi Kipas angin yg anda ceritakan itu, saya mempunyai prediksi, mungkin kipas angin anda sudah pernah digulung ulang. biasanya kalau kipas yang pernah digulung Ulang, terkadang ada kesalahan( kelupaan)si penggulung, menggulung dengan arah terbalik, atau kebanyakan yang mengakibatkan hal seperti itu.
      tapi kalau gulungan pabrik 99% tidak seperti itu. Jadi solusinya anda bisa tahu sendiri kaan..

      Hapus
    2. Maaf mas ikut nimbrung..saya pnya kipas angin pertama mati total setelah saya cek sikringnya ternyata putus,trs sya ganti saya coba bisa mutar setelah saya pasang smua kipasnya cmn getar aj dinamonya asnya gk muter,lalu saya bersihkan di as sama beringnya saya kasih minyak ttp aj cmn getar ...kira2 apanya ya mas...

      Hapus
  16. mas
    cara mengganti bosh pada kipas angin merk miyako gimana ya ..... ?
    pencerahannya mas :)

    BalasHapus
  17. Sebelumnya saya ucapkan Terimakasih atas Kunjungan anda.

    Mas Ardila.. kalau anda perhatikan, Bosch kipas angin itu hanya dijepit lempengan seng besi tipis, yang bentuknya seperti bunga kamboja.
    Kalau mas Ardila mau buka Lempengan itu, anda tekan bagian pinggir(kanan) dan anda tarik bagian kirinya. perlu diketahui Guratan yang melingkar disamping body (rumah Bosch) jangan sampai terhapus. karena guratan itu fungsinya untuk memegang seng besi yang menahan Bosh
    Ok saya kira mudah ya..
    semoga anda dapat melakukannya

    BalasHapus
  18. Mau tanya untuk kipas angin yg putaranya terus melemah kira 5 menit terus berhenti dan panas dan mendengung. gimna cara memperbaikinya pdahal baru ganti lilitan (cina) 5bulan yg lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih buat mas Budi atas kunjungannya.
      mengenai kipas angin yang anda ceritakan, saya menduga, capacitor kipas mas budi
      sudah mesti diganti, tapi sebelumnya, coba dulu putar2 as dynamo kipas tsb, tarik dan tekan, apakah terasa berat. kalau anda rasakan berat, bersihkan saja lubang As nya.
      tapi kalau terasa enteng (ringan). berarti capacitortnya sudah kering. coba ganti deh
      Insya Allah normal kembali.

      Hapus
    2. Sudh ganti kapasitor tpi masih sama saja solusinya apa ?

      Hapus
  19. mau tanyak ni mas bro, kalo kipas anginnya mengeluarkan bau kayak plastik kbkar tapi masi bisa muter itu di apain ya?
    And then jika masang kabel kapasitornya kebalik apa resikonya?

    BalasHapus
  20. pertanyaan pertama, saya jawab, siap2 untuk gulung ulang. karena setelah teras plastik tempat gulungan terbakar, biasanya gulungan kawat sebagian sudah hubung singkat atau konslet. maka menyusul akan menyusul pd gulungan berikutnya.
    ke dua, kapasitor AC dipasang bolak balik nggak masalah, karena kapasitor jenis ini (AC) tidak berpolaritas artinya tidak ada - dan + nya, tidak seperti Elco (kapasitor DC).

    Ok semoga anda mengerti, Tks

    BalasHapus
  21. numpang nanya gan, kipas ane mokad kayangya garagara over heat!!
    poros dinamo jadi lengket, seret gitu!!!
    mohon pencerahan.. TY!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Gulungan belum sampai terbakar ( Jadi dilihat dulu gulungannya), yaa..
      tinggal dilepas atau dibuka baut2nya. kemudian AS nya di copot, dan dibersihkan dengan minyak tanah / bensin, baik As nya maupun lubangnya, setelah itu pasang kembali. so pasti muter lagi. yang baik jangan di beri pelumas. karena kalau diberi pelumas, setelah pelumasnya kering dan bercampur debu akan terjadi hal serupa.

      Hapus
  22. selamat pagi mas agus,saya mau tanya. kipas saya dari kmrn gak muter,cuma ada suara dengungan,di level 3 & 2. tapi kalo di level 1 (yg paling kenceng) bisa muter,tapi arah puter kipasnya kebalik (yg biasanya arah kanan jadi arah kiri) disertai dgn bau plastik kebakar. mohon bantuannya mas agus. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban sebetulnya udah ada di koment2 lain, sekedar untuk menambahkan.
      Kalo bukan Capacitornya yang sudah tak berfungsi, pasti Spool Help nya, spool help maksudnya Lilitan sekunder yang ujung kawatnya nyambung ke kapasitor.yang tujuannya memberi bvantuan terhadap arah putar secara kontinyu, itu sudah korslet atau putus. Lihat jawaban2 yang lain>

      Tks.

      Hapus
  23. mas agus numpang tanya nich.. Kipas angin orbit merk cosmos matot, trus saya gnti thermofuse jd normal lg, tp ga smpe 2hr mati lg, thermofuse ptus saya gnti lg, saya amati trnyata dinamo cepat skali panas, kmudian saya gnt smua bossnya, tp knpa tetep aja dinamo cpt skali panas yg akhrnya mnyebabkan thermofuse ptus lg... Mohon petunjuk dari mas agus.. Makacih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thermofuse kan, bertujuan untuk jaga2, agar jika terjadi hubung singkat jangan sampai jangan sampai terjadi hal2 yg tdk kita inginkan.

      Pada kasus Kipas angin ente, itu udah jelas banget, sebagian gulungannya sudah terbakar hingga terjadi hubung singkat. Dan sebagai solusi pamungkasnya,.. yaaa...
      di gulung ulang lah...

      Hapus
  24. Mas kalo kipas saya tadinya dia brptar normal tapi bunyi cit2 gtu kenceng bgt bunyinya,,trs saya bongkar ehhh mlh kipas saya gak BSA muter cma bunyi doang mas tuh knpa yah mas???

    BalasHapus
  25. ya.. bunyi doang tuh, bunyinya bagaimana..? kalau pada saat muter bunyinya Cit2 karena adanya gesekan, dan setelah mati bunyinya..? Kalau cuma berdengung disertai getaran. baca yg cermat artikel diatas, dan pada komen dalam kasus yang sama.

    BalasHapus
  26. Selamat pagi mas Agus..
    Ada yg ingin sy tanyakan mengenai kipas angin sy.Merk kipas sy GMC tipe standfan dgn 3 kecepatan.
    Sejak bbrp hari yg lalu ini tiba" mulai rewel pada perputaran baling"nya, yg semula kencang tiba" kecepatan nya berkurang, lalu nanti tiba" bs kencang kembali.kalo dimatikan dlm waktu yg agak lama lalu mau dihidupkan kembali hrs dibantu dgn tangan diputar2 cukup lama.dan ketika posisi hidup sy jg mencium adanya bau gosong pada bagian ventilasi motornya.dan skrg kipas sy Mati Total tdk ada dengungan juga.Oya, pernah bbrp x kipas sy ini terjatuh dgn benturan yg cukup keras(tp sudah bbrp bln yg lalu).Kira2 kenapa itu ya mas?apakah pada thermalfusenya sudah putus?
    Mohon pencerahannya terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya mas... terlambat membalas.

      Saya rasa jawaban untuk anda sudah banyak tuh.
      tapi untuk mudahnya ya.., coba periksa. baut2 dynamo kipas anda, mungkin ada yang
      kendor, karna hal itu akan menyebabkan as Rotetor menjadi lengket pada teras besi pada saat teras besi jadi magnit.
      periksa kapasitor, apakah ada tanda2 membengkak, terkadang kapasitor yang rusak ada tanda2 seperti itu.

      Hapus
  27. maaf mas dah ganggu saya.galih
    ,sya mau tanya ni boleh ga.saya punya kipas angin di rumah ,kipas nya ga muter cuma bergetar,it rusak di skring nya pa di capasitornya.saya coba sped 1 dan 2 ga muter getar juga engga,pas di sped 3 getar di bantu tangan baru bisa mutar.ukuran kapasitor nya 1,5uf yg bru sya ganti.it gmana mas...? Dan jika di ganti ukuran kapasitor nya jd yg 2uf apa nanti ada masalah..?trmakasih mas,tolong bantuan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengganti capacitor yg lebih besar sedikit memang bisa meningkatkan kecepatan dan tidak mengakibatkan hal yg merugikan. Tapi kalao setelah anda ganti masih gak muter juga, itu berarti Spool Lelp atau Gulungan pembantu sudah putus. anda bisa cek dengan AVO meter, dgn cara: lepaskan salah satu kaki capacitor, dan tempelkan pin Multi tester tsb ke Ujung kawat yg telah anda lepas dari capacitor.
      Kalau jarum Multitester tidak menyimpang, berarti gulungan telah putus.

      Hapus
  28. Mau tanya gan, exhause fan mati total saya ganti fuse baru ada bunyi dengung, kapasitor saya ganti tetap dengung, saya bantu putar debgan tangan mau berputar pelan agak lama berhenti, fuse saya lepas kabel saya sambung langsung, pada saat belum di aliri listrik di putar dengan tangan lancar tetapi pada saat di aliri listrik mendengung dan di putar dengan tangan pun berat sekali, pada saat stop kontak mati putaran dengan tangan kembali lancar, Trima kasih sebelumnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari membaca cerita Exhause fan anda. Saya dapat menyimpulkan, bahwa Baut2 Dynamo fan anda sebagian kendur, hingga as dynamotidak sejajar. Pada saat dialiri listrik (menjadi Magnit), bagian yang paling dekat dengan teras besi menjadi lengket,
      sehingga terjagi gesekan, yg mengakibatkan berat. baca jawaban pada komen lain, akan andatemukan solusinya

      Ok Tks.

      Hapus
  29. Gan... saya punya Kipas angin nih,, Dah pernah di service n ternyata si tukang service nyabutin ato lepasin Thermo Fusenya jadinya kesambung lansung deh... Na tempo hari karena dah gak pernah di beri pelumas sehingga porosnya keras n gak mau putar akibatnya kumparannya panas banget tapi saya gak tau pas aku buka keliatan luar kumparannya baik2 aja gan kayak gak ada yang terbakar. Nah setelah aku bersiin n bagusin lagi porosnya n beri pelumas ternyata sudah enak di putar pake tangan. tapi Pas di hubungin di listrik gak bisa nyala.. Bisa terputar tapi hanya di posisi HIGH SPEED aja yaitu no.3 tapi kalo posisi 1 n 2 gak bisa n itu mesti di bantu dulu putarannya pake tangan (ini kondisinya tanpa pasang blade kipasnya ya gan). Kemudian aku ganti Kapasitornya dan ternyata gak ngaruh apa2 sama saja gan hanya terputar kalo posisinya di 3 n di bantu putarannya pake tangan. N Parahnya adalah kalo kita biarin kipasnya terputar di posisi high speed ato no 3 itu, maka lama kelamaan mesinnya PANAS bangeet tapi tetap terputar. Panasnya gak wajar deh pokoknya. Trus pas saya coba pasangin Blade kipasnya, biarpun saya bantu pake tangan putarnya di posisi 3, paling hanya keputar sebentar n setelah itu berhenti deh.

    Asumsi saya adalah kumparannya dah rusak atau isolasinya dah rusak akibat pernah kepanasan itu n sudah ada arus bocor di inti sehingga mesinnya panas sekali?? Apakah asumsi saya ini benar menurut anda atau bagaimana??

    BalasHapus
  30. Ya.. asumsi anda hampir benar.
    Tapi kalao baca dari cerita anda, saya dapat memastikan kumparan (spool) Help nya putus.
    baca juga komen / pertanyaan serupa yg sudah terjawab.

    Tks.

    BalasHapus
  31. kipas putar tapi lemah putarannyaa apa penyebab nya

    BalasHapus
  32. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  33. Mas agus saya mempunyai problem, kipas angin tidak mau muter dinamo panas capasitor tidak ada benjolan , solusinya gimana ya ? apa dinamo harus dibuka?

    BalasHapus
  34. Mas Rifki, sebetulnya jawaban sudah ada pada pdbalasan atas komen yang sama.
    tapi gak apa2 deh, Coba anda periksa (gulungan) kawat yang terkait ke kaki Capacitor, cara mengetahuinya apakah masih tersambung atau putus, dengan menggunakan AVO meter.
    tempelkan ujung pin (kabel Probe) AVO meter ke masing2 kaki Capacitor tanpa melepaskan dengan kawat. Kalau pada sekala meter, simpangan jarum AVO meter mentok,berarti ada hubung singkat, kalau jarum bergerak hanya sebentar(karena Capacitor gak dilepas)maka berarti gulungan Pembantu telah putus.
    Oh yaa.. posisi Avo meter pada 1 K Ohm.

    BalasHapus
  35. Halo mas slmt siang,,ni mau nanya mas,,
    Lo kipas muternya jadi kebalik, gimana cara mengatasinya nya???
    Terimakasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Icha DW, makasih ya..., atas kunjungannya.
      Kipas anda muternya terbalik..? Kipasnya yang model gimana.
      Kalau kipas yang gulungannya singel ( tanpa capacitor). itu berarti pemasangan Tutup Bhose (lubang As) nya terbalik, coba pasang ulang yang blakang taruh didepan dan yg depan taruh dibelakang.
      Tapi kalau Jenis Kipas yang menggunakan Capacitor, terkadang kesalahan masang capasitor dapat menyebabkan arah putar yang terbalik.

      Hapus
    2. Selamat pagi mas, saya baru beli kipas national plus,awalnya kipas sya level 1 angin besar tapi besoknya putaranya kencang tpi anginya ga ad mas..apa masalahnya y mas..trimakasih mas

      Hapus
  36. maksih mas agus infonya..mu tanya..saya kok punya kipas umurnya cuma setahunan ya? dah 4 buah bangkainya..karena anak saya ga mu tidur tanpa kipas..nah yng sekarang merk cosmos udah 14 bulan..2 minggu yang lalu mendengung tapi ga lama baru muter asal awalnya dlevel 3..tp sekarang mato..gada getaran sama sekali..kenapa ya?tq bangat..mhon jawabannya ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Adin Fauzan, maaf ya baru jawab (saya lagi jarang Online)
      Saya kira jawaban untuk kasus seperti itu, udah banyak saya terangkan, jadicoba baca komentar2 lain.
      Tks.

      Hapus
  37. Numpang tanya mas...
    Saya punya kipas angin duduk kecil. Saat ini kipas angin tersebut jika dinyalakan harus pada kecepatan kedua, itupun berputar dengan kecepatan yang pelan. Jika dinyalakan dengan kecepatan pertama, maka kipas angin saya tdk mau berputar.
    Saat saya buka penutup motornya, ternyata modelnya agak beda. Kok g ada kapasitornya y?
    Kira-kira gambaran motornya sbb :
    - Pada sekitar inti magnet tidak terdapat spool atau kumparan, yang ada justru kumparan/lilitan yang mirip/menyerupai trafo.
    Yang ingin sy tanyakan, dimana kerusakan pada kipas angin sy tsb?
    Atas informasi dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  38. Mo tanya nih mas.
    Sy punya kipas angin duduk kecil yang putarannya lemah, dan baru bs mutar klo dinyalakan pada kecepatan nomor 2, itu pun masih lemah, Tp klo kecepatan nomor 1, g bakalan mutar.
    Saat sy buka cover mesinnya, modelnya sedikit berbeda, dimana tidak ada kumparan disekeliling inti besi, yang ada hanya inti besi tanpa kumparan, tetapi ada kumparan yang mirip trafo di bagian bawah inti besi tsb.
    Kira2 yang menjadi penyebab lemahnya putaran kipas angin sy apa y mas?
    Mohon info dan bantuannya.
    Trims sebelumnya!

    BalasHapus
  39. Mas Deddy, saya mohon ma'af, jawabannya terlambat. maklum banyak kerjaan di darat.
    mengenai masalah Stavolt atau Stabilizer yang di gambarkan dalam pertanyaan anda itu informasinya kurang lengkap, artinya yang type nya seperti apa sih, karena banyak sekali dipasaran dijual berbagai jenis yang nampaknya keren, tapi isinya abal-abal. disamping itu juga,kekuatan Amphere (Amper) haruslah ideal. Contoh, jika maximum VA (Volt Amper) maka daya beban penggunaan haruslah dibawahnya. seperti kalou Volt nya 220v, dan watnya 1500w, anda tidak boleh menggunakan beban sebesar 220v / 1600w. Jadi gunakan beban dibawah 1500w, bahkan jika beban lebih kecil, maka Stavolt akan lebih awet.
    nah kira2 begitulah gambaran umum dari penggunaan Stavolt.
    mohon maaf kalau jawabannya kurang memuaskan. karena saya tidak melihat secara visual.

    BalasHapus
  40. Slmetsiang mas...
    Mo nanya nie,,sebelumny sorry bgt coz pertanyaany agak gk nyambung...
    Mas dinamo kipas angin n dinamo mobil remote control sama gk sie mas cara kerjanny..

    BalasHapus
  41. Slmetsiang mas...
    Mo nanya nie,,sebelumny sorry bgt coz pertanyaany agak gk nyambung...
    Mas dinamo kipas angin n dinamo mobil remote control sama gk sie mas cara kerjanny..

    BalasHapus
  42. selamat siang mas agus,, mohon pencerahan.. kapasitor kipas angin ukuran 1.2mikro 400vac, di ganti 2mikro 400vac,, boleh ga ??? apa putaran kipas bisa lebih kencang ?? terimakaaih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menambahkan kapasitas pada capacitor seperti yg anda inginkan, tidak begitu berpengaruh, atau pengaruhnya gak terlalu kentara (putaran gak jauh beda), tapi untuk keawetan jelas akan lebih awet, karena voltasenya 2x diatas maximal dari yg ditentukan.

      Hapus
  43. Malem pak agus. Saya punya kipas angin kuno merek nasional. Udah pernah di servise. Tapi setelah servise posisi hadap depan malah tidak keluar angin, tapi posisi belakang anginnya kerasa. Apanya yang salah ya pak. Terima kasih

    BalasHapus
  44. Met pagi mas bro kipas angin miyako dinding yg pake remot saya berisik setelah saya bongkar ternyata bossing ke dua2nya depan belakang dengan assnya sudah loncer/oblak tdk mencengkram asnya lg,pertanyaanya dimana saya bisa mendapatkan bearing/bossing yg baru?berapa harganya.bolehkah rmh bossing diberi gemuk?sebelumnya terimakasih atas penjelasanya

    BalasHapus
  45. mau nanya mas, saya ada kipas, dengan kapasitor 1,2 uf pada kecepatan 1 dan 2 tidak mutar, pada kecepatan 3 mutar kenceng , saya coba ganti kapasitornya dgn 4,0 uf eh kenceng banget, tapi kapasitor aslinya hnay 1,5 uf dan udah gembung. itu masalahnya ap? bisa minta no hpnya, buat konsultasi kipas angin

    BalasHapus
  46. coy ... kalau kipas nya muter tapi baling - balingnya gak hidup .... itu apanya yang rusak ... kipas anginnya merk arashi

    BalasHapus
  47. maf mas sy mau tanya kipas angin sy merk sekai kalau di hidupin bunyi kaya ada yang beradu sama putaranya kurang kenceng.trims

    BalasHapus
  48. mas mau naya gimana caraya mau chech putusya fuse dengan avo meter soalya kipas saya mati total..sy curiga ama fuseya cz kpas gua matiya karena waktu di idupin ada kain hordeng jendela yg nyangkut alias tesedot mngkin udah lama ...kipasya merk maspion..mhon pencerahan maklum newbie..

    BalasHapus
  49. mas mhon pencerahan gmana check fuse pake AVO pd kipas angin...soalya kipas angin sya MATOT gara2 nyangkut kain hordeng ketika di hidupkan sya curiga ama fuse pengamanya..merkya MASPION tpy gak tau cekya....maklum newbie ..terimakasih ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Yoqqost, sory ya baru di balas, lagi banyak kesibukan di darat.
      Kalau mau ngecek fuse kipas angin, itu gampang2 saja. tinggal masing masing ujungnya di tempelkan pada pin Avo meter, kalau jarumnya bergerak itu berarti Fuse dalam keadaan baik. kalau gak punya Avo meter, jadikan Fuse sebagai jembatan buat nyalain bohlam senter.

      Hapus
  50. Saya baru beli kipas angin, kipas angin saya suka mati dalam keadaan panas kalau dihidupin lama-lama, kalau kemudian saya matikan dan biarkan dingin kipasnya bisa diputar lagi. Kenapa ya?

    BalasHapus
  51. Tanya mas,kipas saya merk maspion type nempel didinding,kipas saya level 1 enggak putar tapi kalau 2,3 normal enggak ada masalah,pernah saya bongkar di bagian putaran level:kabel,plat plat tampak normal,mohon mas penjelasannya.terima kasih atas penjelasannxa

    BalasHapus
  52. mas agus saya mau nanya kalau kejadian nya di sepeda listrik bukan di kipas angin apa cara membetulkan nya sama ???

    BalasHapus
  53. Mas ini kipas angin saya hidup nya cuman bisa 2-3 detik aja.
    terus kalau di pincit terus (mati-hidup) lama" dia hidup tapi ntah 30 menit kemudian mati lagi mas.
    itu kenapa ya mas?

    BalasHapus
  54. B0s kapasit0r 2.2uf 250v di ganti dgn 2uf 400v kira2 bisa gak? Trus apa ada kendala nanti nya. Kipas angin mrek maspi0n.

    BalasHapus
  55. ane punya kipas angin regency 16" pas dinyalain kipas angin nya.. itu berisik dan bergetar.. tolong kasih solusinya

    BalasHapus
  56. Misi,,, sya mau tnnyk kbtuln blum pham. Sya punya kipas rusak gara2 kapasitor lemah. Trus saya ksh 2 kapasitor trus hidup, malah putaran angin ny lebih kencang no 1 mcm no 3. Nah pas bsok ny mati lg. Sya ganti baru kpasitor ny lg cuman pkai 1 kpstor tpi gk putar cuman dengun trus agk lma panas. Sya liat as tengah ny sdh hitam kebetulan ada stock sya ganti yg baru saya ganti gk mau brputar malah dengung panas trus diputar pkai tngan gk bisa berat dia. Kmungkinn ada solusi untuk pemecahan mslh ini x jd tlong solusi nya y yg baik. Trmksh

    BalasHapus
  57. Mas Agus,minta petunjuknya ϑωong,kipas angin ku merek sekai,Ųϑăђ pakai 3 tahun.skrg inii kalo dinyalakan ♏åϋ berputar hanya saja diiringi dengan bunyi cit cit sperti gesekan.ϊŧυ harus diapakan Чα"̮ mas?kipasnya ♏åϋ putar tapi bunyi ciiitt ϊŧυ mengganggu.mohon petunjuknya Чα"̮ mas.ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ sbelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya di cari ajah asal dari bunyi tsb. kalo asal bunyi itu dari gesekan AS. ya dibuka dibersihkan dari debu. kemudian dpasang lagi.

      Hapus
  58. mmaf mau ikut nanya . kipas saya 2 maspion smua . nah yg 1 baru aja beli . bbrpa bulan lalu . kmren kmrenn bagus aja. hdup . dn streusnya . bisa hidup tp nda lama berisik bgt suaranya . dn lama . bsk nya ga bsa mutar . tp mesin blkangnya gerak n panas bgt . tp ga mutar . gmna baikin nya makasih

    BalasHapus
  59. Maaf om agus mau tanya, kipas angin saya merk panas**c, nah tadi jatuh, balingnya pecah.. Nah seteleah saya ganti baru, saya pasang tapi getarnya kencang sekali, getar di.bagian.motornya? Tapi kalau saya tidak pasang balingnya tidak.bergetar.. Kenapa ya? Makasi Om

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kabel ke capasitor putus. atau kedudukan as tengah nya, berubah. coba copot dulu jek ke listriknya. kemudian as nya diputer2. baut2 dikencangkan, lalu diputer2. lagi.

      Hapus
  60. tanya mas agus.. saya ingin mengganti capasitor merk national.omega.. tp kabel capasitornya mnggantinya gmn ya? karena harus bongkar , sesudah dibongkar.. kabel capasitornya sperti diTali/ kegulung bersamaan dgn lilitan jadi satu dgn kuat...

    BalasHapus
  61. ya jangan bongkar gulungannya. capasitor itukan punya kaki, digunting aja kakinya. lalu disambungkan. kan beres.

    BalasHapus
  62. mas agus mau tanya, kipas angin saya merk sanex, masalah sama kipas saya itu gamau muter klo ga di pake timer. dan juga misal klo dia muter itu ga sampe semenit mati, trus tau2 nyala lagi trus mati lgi, saya ga ngerti tentang kipas mohon dibantu gimana cara mengatasinya, jdi, misal ada puteran on, off dan timer, kipas saya ga mau klo on saja harus diputer ke timer dulu baru bisa muter dan itupun kyak yg udah saya sebutkan td, trus jg puterannya itu misal udh saya timer saya puter2 ke arah sebaliknya membuat kipas saya kyk unstable jdi gerah saya mas. tolong dibantu yaa makasih

    BalasHapus
  63. Permisi Om agus saya mau tanya, kipas angin Tornado merk Krisbow umurnya udh 3 tahun.sekarang klo dipake udah gk bisa muter lagi dan selalu bergetar doang. klo diputer juga jadi kerasa baling-balingnya berat banget dan sangat panas mesin kipasnya.
    mohon solusinya mas & mohon diresponn mas.
    terimakasih

    BalasHapus
  64. Mas say mau nanya saya punya kipas angin kg bisa muter.tpi udah saya ganti kapasitor nya muter. Tpi ga ada angin ya terus di dinamonya panas banget mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kipas anginya muter apa nggak, kalo muter tapi pelan coba, dibersihkan as nya. kalau nggak muter ya itu gulungannya yang putus atau terbakar.

      Hapus
  65. Mas Agus mulai kesal sepertinya jawab semua pertanyaan yg udah ada jawabannya qkqkqkqkq axixixix wkwkwkwk

    BalasHapus
  66. Maaf om sy jg mau ikutan tanya nih..Kalau kapasitornya di pakai 2 buah sekaligus dengan ukuran yg sama pada kipas angin bisa mempengaruhi tenaga lebih kencang tidak..?mksh

    BalasHapus
  67. enggak, capsitor di situ hanya untuk membantu arah putar.

    BalasHapus
  68. Mas mau nanya. Aku baru beli kipas gmc 508 dinding. Nah ini aku rakit sendiri. Tapi pas level 0 baling2 sudah mati. Tapi motor nya kok tetap berbutaar2 ya. Ada masalah atau memang begini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya.. memang begitu. kecuali tombol move nya di pencet.

      Hapus
  69. Mas kipas angin saya di taburi minyak sayur sama anak saya ap yg akan terjadi bilamana di hidupkan trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak masalah, toh itu minyak. asal dibersihkan saja, sudah cukup

      Hapus
  70. Permisi gan, kipas saya cua getar aja, udah tak coba ganti capasitornya tetep gak mau, terus tak cek as nya juga gakpa2
    Itu biasanya apae?

    BalasHapus
  71. Permisi gan, kipas saya cua getar aja, udah tak coba ganti capasitornya tetep gak mau, terus tak cek as nya juga gakpa2
    Itu biasanya apae?

    BalasHapus
  72. mas agus punten kipas angin sanex saya bergetar tp gk mutar... as ny berat buat d puter" nah udah saya puter" agak enteng puteran ny tp bunyi kyiut pas saya puter as ny... tp tetep aja pas saya colokin k listrik gk brputar hnya bergetar mss...
    tolong bntuan ny

    BalasHapus
  73. punten mas agus...
    singkat saja.. kipas angin saya tetep gk jalan walpun aku udah langsungin kabel capsitor ny jdi tnpa capasitor tp tetep gk jadi bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan yang bisa saya prediksi,, itu karena kedudukan AS nya. yg tidak pas. atau longgar, sehingga saat ada listrik masuk, As tertarik kebahagian tertentu, sehingga tidak bisa berputar. kemungkinan kedua, capasitornya yang lemah.

      Hapus
  74. Mas mau nanya..saya punya kipas angin miyako yang hitam pake swicth samping... tdinya saya cuci...sebelum itu mau buka balingnya keras. Jadi pake palu.akhirnya terlepas. Setelah saya cuci trus pasang lagi hidup . Tapi lambat terus berdengung keluar suara . Kenapa y mas?

    BalasHapus
  75. Mas saya ada kipas angin Regency ukuran besar n pernah bawa ke tukang servis tp g selesai malahan kapasitornya g ada n kira kira ukuran kapasitornya berapa ya mas biar saya bisa pasangin kembali.

    BalasHapus
  76. Malam... maaf agak myimpang dikit...
    Sy pny exhaustfan.. bru pakai 3 bulan trus pas abis d bersiin mati sm sekali td bs nyala... trus ASny cb d puter tdk masalah... apakah itu kapasitorny atau hal lain??

    BalasHapus
  77. mas Agus mau tanya kipas saya cosmos dinding remot waktu dinyalakan kipas tidak mau berputar tapi setelah dibantu memutar baling2 nya dengan tangan sedikit lalu berputar dan normal putarannya, kira kira apanya yang rusak mas. terima kasih

    BalasHapus
  78. kipas panas n mau puter kalo di bantu tngan...gmn ni solusinya....

    BalasHapus
  79. Kalo kabel hijau itu nyambung nya kmna mas

    BalasHapus
  80. Mas, kipas angin saya habis jatuh, tapi masih bisa nyala dan berputar, hanya terdapat getaran keras, sepertinya as nya bengkok, kalo seperti itu gimana betiulinnya mas? Mohon pencerahan...., makasih mas

    BalasHapus
  81. mas saya punya kipas tp akhir2 ini gk bisa muter dan selalu bergetar doang. klo diputer juga jadi kerasa baling-balingnya berat banget dan sangat panas mesin kipasnya.
    mohon solusinya mas & mohon diresponn mas.
    terimakasih

    BalasHapus
  82. Permisi..,
    Saya juga punya kipas,
    Semua permasalahan sudah saya coba,ganti kapasitor dan juga bearingnya, tp masih tetap mendengung...,
    Semua bagian kipas juga sudah saya bersihkan...,
    Tp tetap saja mendengung..,kipas gak berputar,
    Bagaimana menindaklanjuti lagi mas...,????

    BalasHapus
  83. Dah 3 kali saya bongkar kipas angin dari merk miyako sampe regency dan sanek ttp saja ga bisa saya karena ga tau ilmunya..buahahahha..blognya bagus ini mas bro buat membantu amatiran kaya saya

    BalasHapus
  84. Mas saya mau tanyak kalo untuk kipas angin maspion gg di gantung dimana letak bushing nya

    BalasHapus
  85. Mas saya mau tanya kalo kipas angincuma bergetar n ngeluarin bau gitu padahal udh saya bersihin & saya kasih pelumas jg tapii tetep jha kipas angin.a berputar pelan trus gak berputar lagi. Kira² gimna cara perbaiki.a mas, sebelumnya trimakasih.

    BalasHapus
  86. Mas...kipas angin saya berputar tp lama lama semakin kencang dan bergetar keras,solusinya gimana supaya normal lagi? Suwun...

    BalasHapus
  87. Mas...kipas angin saya berputar tp lama lama semakin kencang dan bergetar keras,solusinya gimana supaya normal lagi? Suwun...

    BalasHapus
  88. Mas kipas angin saya ini motornya panas dan kipasnya tidak mutar apa penyebabnya mas?????????

    BalasHapus
  89. Mas kipas angin saya ini motornya panas dan kipasnya tidak mutar apa penyebabnya mas?????????

    BalasHapus
  90. Mas mau tanya...ane punya kipas angin air merk bestlife baru pake 2 bulan..tiba2 mendadak mati total...apanya yang rusak itu ya mas...makasih sebelumnya

    BalasHapus
  91. Mas,mau tanya.saya pnya kipas dudukan.pas waktu saya nyalakan/on,malah gc bs muter,macet walaupun saya putar sama tanganpun gc bisa muter/bergerak sama sekali.pas waktu off saya putar manual sama tangan ringan mas.

    BalasHapus
  92. Mas,mau tanya.saya pnya kipas dudukan.pas waktu saya nyalakan/on,malah gc bs muter,macet walaupun saya putar sama tanganpun gc bisa muter/bergerak sama sekali.pas waktu off saya putar manual sama tangan ringan mas.

    BalasHapus
  93. itu sih kemungkinan besar, bautnya ada yang kendor. coba kencangkan bautnya kemudian putar2 as nya, mestinya setelah kencang ringan muternya. kalo udah gitu masih gak bisa muter, ganti capacitornya. ok..

    BalasHapus
  94. Mau tanya Om Agus, saya punya kipas angin cosmos ganti baru dinamo sendiri, ternyata speed no.1 kenceng banget dan no. 2 & 3 terjadi kebalikan putaran kipas, mohon solusinya

    BalasHapus
  95. yaa.. itu sih kebalik masang kabelnya aja. coba buka kipas anginya. kemudian dibagian pin rotetor, kabel-kabel itu dipasang sesiuai kecepatannya. ok.

    BalasHapus
  96. mas.... mau tanya tentang kipas angin miyako 3 in 1 yang menggunakan remote. kipas saya ketika ditekan tombol on nyala sebentar setelah itu mati. ditekan on nyala lalu sebentar mati. begitu seterusnya. it permasalahannya di mana y? thanks

    BalasHapus
  97. ganti aja swichtingnya (saklar) on off nya. kalo ngga ganti transistornya. ok.

    BalasHapus
  98. Mas, kipas ane bergetar tapi g mau muter. padahal udah ganti, kapasitor, fuse sma as nya tapi tetap aja getar n g muter. kira2 permasalahannya dimana ya?

    BalasHapus
  99. Mas , kipas angin saya mesin nya nyala dan kipas nya bergerak ke kiri kanan.....tapi baling-balingnya gak muter dan terasa berat...itu kenapa ya mas ??

    Apa harus ada yg di ganti...trims .

    BalasHapus
  100. Terima kasih mas Agus. Dari membaca blog anda saya sdh bisa memperbaiki kipas angin dirumah. Dan yakin saya bisa memperbaiki kipas angin tetangga yg rusak... :-)

    BalasHapus
  101. Mas agus. saya punya kipas tornado merk regency setiap mau dinyalakan lamaa banget tapi giliran udah nyala malah bunyi sampe panas dan mengeluarkan bau seperti terbakar. Itu masalahnya apa yah. terimakasih..

    BalasHapus
  102. Mas agus. saya punya kipas tornado merk regency setiap mau dinyalakan lamaa banget tapi giliran udah nyala malah bunyi sampe panas dan mengeluarkan bau seperti terbakar. Itu masalahnya apa yah. terimakasih..

    BalasHapus
  103. Mas Agus saya hanya ingin tanya fungsi kapasitor nya buat apa ?
    Kemudian waktu saya nyalakan kumparannya ke 220 VAC Medan Magnet nya masih berfungsi
    Tapi yang berbeda As nya malah lengket dengan dinding kumparan
    Saya menggunakan AVO meter digital
    Bagaimana cara checknya mas Agus ?

    BalasHapus
  104. Saya nyalakannya tanpa Kapasitor mas

    BalasHapus
  105. mas mau nanya, kipas sayakan besi mereknya sekai, kemarin habis jatuh, pas dihidupin kipasnya malah begetar, udah dibuka semuanya masih juga begetar dan berisik, itu apa yang salah ya mas

    BalasHapus
  106. Mas Agus Mau Tanya, Kipas Gantung yg ada lampu di Ruang Tamu Waktu dihidupkan hanya mutar 1 detik saja, lalu MATOT. Itu Penyebabnya apa ya?

    BalasHapus
  107. Kipasku kipas duduk merk gmc..
    Tak tancepin gk mau muter...
    Yg muter cuman pengatur anginnya,bukan kipasnya...
    Kapasitor apa lainnya...???
    On of jadi satu dengan pengatur arah angin dan timer
    Kalau d langsung apa bisa...
    Solusi gimana gan...
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  108. Masukkan komentar Anda...
    kuat gak sih pake kipas ac...??

    BalasHapus
  109. Mas kipar aku sebelum kebongkar stabil tapi setelah kebongkar 3 ama 2 ngak berfungsi cuma hi saja tw 1 yg keputar.masalahx ada dimana

    BalasHapus
  110. Mas mau nanya kipas angin sy merk miyako pake remot tombol2nya nyala tp tidak bisa terputar dan tdk ada getaran kira2 maslahnya apa yaa mas..?? Tks

    BalasHapus
  111. Mas mau nanya nih,saya ada kipas CKE yg berdiri.setelah jatuh motornya koq jadi bergetar kenceng banget gk terkontrol.kira" apa problemnya??

    BalasHapus
  112. Mas masalah saya, kipas gk kekanan ke kiri. Apa yah penyebabny

    BalasHapus
  113. Numpang nanya mas, kipas langit-langit merek sekai bising n getaranx kencang, apa penyebabnya...????

    BalasHapus
  114. Mas mau nyanya ni, bisa gk dinamo kipas angin dsambung langsung dengan listrik tanpa pake kapasitor?

    BalasHapus
  115. Klo kipas punya sya knpa ya mas, reaksinya cma berderung jhzzz gk muter, trus udah saya ganti kapasitornya sm yg baru msih ttp jhz gk muter. Tapi baling2 nya klo di puterin enteng nggak macet... Apanya yaa minta solusinya doonk

    BalasHapus
  116. Klo kipas punya sya knpa ya mas, reaksinya cma berderung jhzzz gk muter, trus udah saya ganti kapasitornya sm yg baru msih ttp jhz gk muter. Tapi baling2 nya klo di puterin enteng nggak macet... Apanya yaa minta solusinya doonk

    BalasHapus
  117. Terima kasih ilmunya mas, saya mau nanya mas, awalx kipas saya mati total, cek fuse disambung langsung, alhamdulillah hidup lagi, tapi masalahnya dinamo bisa berputar klo tanpa kipas, itupun harus dibantu, tapi klo sdh dipasang kipasnya, nga mau mutar, uda ganti kapasitor tetap saja nga mau mutar klo pasang kipasnya, terus pertanyaan kedua, klo fusenya disambung langsung, apa merusak dinamo nantinya?

    BalasHapus
  118. aqu mau tanya dong,kipas angin qu baling"nya tidak berputar sehabis di bersihkan,,itu kenapa yah??

    BalasHapus
  119. Maaf mas agus klo u/ mslh Spool help yg putus gmn cara mprbaikinya?
    Mksh

    BalasHapus
  120. Mau nanya mas..kipas angin dirumah..kalau dinyalakan di nmr 1 dan 2 tdk nyala tp kalau nmr 3 nyala bagus mas..gmana solusinya mas

    BalasHapus
  121. Tapi kalau kipasnya tdk dipasang mas..nmor 1,2 dan 3 bagus putarannya mas..apa lgi kalau dalam keadaan baring kipasnya..kalau berdiri biasa nmr 1,2 nda berputar kdang jg berputas mas

    BalasHapus
  122. Mas saya mau tanya kipas angin saya merk cosmos setelah kipas angin saya jatuh oleh anak saya.. kipas angin nya bergoyang kencang kaya mau jatuh tp klo baling balingnya d lepas normal klo baling baling d pasang kembali kipas angin bergetar kenceng bgt sampai harus d pegang.. itu kenapa ya mas terima kasih

    BalasHapus
  123. Mas saya mau tanya kipas angin saya merk cosmos setelah kipas angin saya jatuh oleh anak saya.. kipas angin nya bergoyang kencang kaya mau jatuh tp klo baling balingnya d lepas normal klo baling baling d pasang kembali kipas angin bergetar kenceng bgt sampai harus d pegang.. itu kenapa ya mas terima kasih

    BalasHapus
  124. Mas saya mau tanya kipas angin saya merknya sekai' putaran kipas anginnya lambat dan saya sudah berisihin semua tetap juga lambat muternya dan saya coba speed 1,2 dan gk mau muter speed 3 di bantu pakai tangan muternya baru bisa muter, tapi lambat muternya; penyebabnya apa ya

    BalasHapus
  125. Mas, mau nanya nya nih. Kipas saya itu kalo gk di aliri listrik muter nya lancar2 aja. Nah pas dialiri listrik kok tiba2 gk muter yah??? Kya ngunci gtu.
    Terimakasih min,,,

    BalasHapus
  126. mas mau tanya nih, kalo dinamonya gk mau berputa padahal capasitor normal fuse nya jg normal as nya jg gk seret. saya copot baling² lalu saya colokin listrik gk mau muter saya bantu putar pake tangan mau muter itupun speed 3, ok udah muter trs saya pasang baling²nya trs saya coba lagi kog gk mau muter meskipun saya bantu muter
    pake tangan tetep gk mau...kira² apanya ya mas. makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kipas saya juga gitu, apa masalahnya ya?

      Hapus
  127. Mas mau tanya...
    Kipas saya sebelumnya rusak pada as sama bos nya..kalo di nyalain muter tapi ada bunyi berisiknya lama kelamaan akhirnya gak mau berputar dan berdengung...
    Lalu aku coba ganti as baru dan bosnya.pas udah di ganti kok malah di mau berputar...terasa cekat lalu saya putar dengan tangan baru berputar tapi sangat pelan itu sudah speed 3. Di matiin lalu di hidupkan gak muter lgi... Kira2 kalo seperti itu apa nya ya mas yg di perbaiki... Trims...

    BalasHapus
  128. kipas saya sudah ganti kapasitornya tapi butuh bantuan untuk mutarin kipasnya, putaranya gak ada yang macet mas tapi kalo diletakkan baling2nya gak mau muter, apa masalahnya ya mas?

    BalasHapus
  129. misi om... kipas ane gak mutar. tapi dinamonya masih panas kalo di nyalain. kira" apanya tuh om. soalnya sudah saya cari" masalahnya gak ketemu. kalo capasitor nya rusak dinamonya panas gak kalo di colokin.

    BalasHapus
  130. Mas mau tanya,
    kipas 1, g mau muter tak kasih oil singer mau muter tp cuma sekitar 10 menit. Tak cek besi baling2ny diputer berat lagi.
    Kipas 2, mati puteran balingny enteng, g berdengung.
    Solusinya gimn?

    BalasHapus
  131. Maaf min... Kipas ane knp y....awal'y macet trus ane brsihin n kasih oli... Tau2 skrg mlh ga mau ngangkat... kapasitor udh ane gnti tpi ttep aj msih bgtu.....tolong dong solusi'y

    BalasHapus
  132. mas kipas angin saya abis di bongkar sama suami awal nya nyala sudah di pasang ga nyala,stop kontak keadaan off dinamo pk tespen di lampu tespen nya nyala keadaan.klo normal seharus nya seadaan stop kontak off itu pk tespen lampu nya mati tp ini mah nyala knp ya mas

    BalasHapus
  133. Mas mau nanya .. saya baru aja bersih kipas angin .. didalem nya banyak debu .. saya bongkar dinamo nya .. setelah saya bongkar ..saya pasang lagi kalo ga di kasi baling2 nyala dinamo nya tapi panas .. tapi kalo dikasi baling2 dinamo cuma ngedent terus panas . Kira2 apa nua ya . Kipas saya merek cosmos

    BalasHapus
  134. Mas, kalo kipas angin dduk merk miyako di nyalahin ga muter kenapa ya?
    Pas ane cek spool CSRnya normal semua , fuse ok, kapasitor juga ok?

    Trus pas ane nyalhin cuma geter n pas megang besi as rotornya mlah nyetrum????

    Kira2 yg salah di bagian mna, butuh pencerahan ni suhu....

    Thanks?

    BalasHapus
  135. Kipas angin saya lampunya menyala tapi kipas nya ngga muter apanya yaaa yg di perbaiki

    BalasHapus
  136. Bro mau nanya....kipas angin kalau nggak pakai kapasitor.alias kabelnya di langsungkan bisa nyala ngak.terimakasih

    BalasHapus
  137. Saya berapa kali punya masalah ini. Kipas angin yg mesinnya jalan, tapi kipasnya gak mw muter. Biarpun dibersihkan debunya, gak ngaruh sama sekali. Sudh berapa biji, kipas angin saya, tinggal di gudang, krn masalah kek gini. Mslhnya, dimana ya? Mohon bantuannya... Terima kasih banyak

    BalasHapus
  138. mas, sya mau nanya. kipas angin sya,awal nya saya nyalain langsung speed 2 bgs kenceng. saya pencet speed 1. tapi,kipas gak kuat muter. ada suara mesin doank.sya pencet speed 2 jg sama,jd gak kuat muter kipas nya. kira" kenapa ya mas,solusi nya gimana ya.terima kasih.

    BalasHapus
  139. Mas mau tanya, kipas angin saya merk cosmos,pd saat sy nyalakan tanpa baling2 Dy normal, ash muter kenceng, tp pd saat sy kau baling2 Dy lsg berhenti. Udh sy ganti Bosch, ganti capasitor pula. Itu knp masalahnya ya mas...???

    BalasHapus
  140. mas agus nanya dong.. mngenai jalur kabel yg harus sya sambung kalo dari kabel yg nyolok ke listrik kn ada 2 jalur yaa yg satu ke kapasitor & yg satunya lagi di langsungkan ke dinamo ngga ya mas..?

    BalasHapus
  141. mas mau tanya klo kipas angin klo di nyalain ga muter macet gitu. klo ke adaan mati bisa di puter itu apa nya mas.

    BalasHapus
  142. Selamat siang bang dan salam sukses
    Mau tanya bang kipas angi saya putarnya lambat TUS kalo diputar pake tangan baru mau mitra terus dan putarannya hanya bisa di kecepatan ke 2dan3 kecepatan pertama ngga mau Butet biar di pancing pake tangan terimakasi bang itu dulu bang di rungu jawabannya blog pnya abang sangat membantu

    BalasHapus
  143. Maaf bang tulisan agak ngawur soalnya papan ketik outo

    BalasHapus
  144. Mas mau tanya motor udah saya bongkar tapi tetep seret lalu rotor nya saya beri oli,tapi kok jadinya cuma dengung nggk mau muter,kasih saran mas?

    BalasHapus
  145. mas mau tanya nih kipas tiba2 puterannya berhenti tiba2 kluar dengung saja sudah saya bongkar ganti kapasitor bersihin bosch nya trus dirangkai ulang kembali masih berdengung juga kalo gak dinyalakan diputer tangan enteng pas dinyalakan berat puterannya solusinya mas

    BalasHapus
  146. Mas kipas saya tdk mau berputar kl tdk dibantu diputar kira2 apanya ya

    BalasHapus
  147. Kalau kapasitornya sudah diganti tapi tetep dipasang baling baling nya g mau nyala,,, itu penyakitnya apa yah gan.. mohon bantuan dan sarannya.. terimakasih

    BalasHapus
  148. Kalo gini apa gan masalah nya kipas ane beli baru 2 bulan udah gk mau muter cuma getar klo rusak poros nya harus nya di puter pakek tangan susah ni ane puter lancar aja gk macet kapasitor dah ganti baru masih sama aja
    Jalur kumparan dah di cek pakek multi masih oke tetep masih gk mo muter kira kira apa nya ni baru kali ini soalnya nemuin penyakit seperti ini

    BalasHapus
  149. Permisi mau nanya nih..kipas angin saya ,klo mau di nyalain lama banget baru muter..kira2 kenapa ya

    BalasHapus
  150. permisi bang saya mau tanya,tadi saya abis bersihin kipas pas udah dicolok listrik dinamo nya gak mau muter dan cepat panas kira" masalahnya apa ya?...kipas angin saya merk regency

    BalasHapus
  151. izin bertanya, Kipas angin padam total, ditespen arus listrik masuk, trus sekringnya putus, Apakah boleh sekringnya di jumper aja?
    Thanks

    BalasHapus
  152. Permasalahan gue malah saat as udh enteng dinamo tidak berdengung saat as dibikin berat malah dinamo berdengung, itu brarti apa yg harus di perbaiki??

    BalasHapus

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi