Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Minggu, 13 Mei 2012

Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Tulisan ini tidak bermaksud menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan medis. Karena Isi tulisan ini hanya merupakan pengalaman saya tentang Sakit Kepala yang sering saya rasakan sejak lama. Dan baru tahun ini saja sangat Jarang saya merasakan sakit Kepala.

Dari seringnya mengalami sakit kepala tersebut, maka dapat disimpulkan, bahwa: Ada beberapa kebiasaan yang dapat mendatangkan sakit kepala, selain karena adanya kondisi Klinis, diantaranya yaitu:

- Stress.
- Tekanan Darah Naik
- Asam lambung
- Kurang atau Terlalu banyak tidur
- Mabuk minuman (kata Orang)
- Mabuk Perjalanan
- Terlalu lama didepan komputer
- Terlambat makan
- Terlampau lelah

Kalau Rasa sakit Kepala disebabkan oleh faktor-faktor Kurang tidur, atau terlalu banyak tidur, Sakit Kepala Karena mabuk minuman, mabuk perjalanan, terlambat makan, saya rasa setiap orang dapat memakluminya. Dan untuk menghindari datangnya kembali rasa sakit kepala tersebut tentu bisa dengan menghindari penyebabnya.

Berbeda dengan sakit kepala yang disebabkan karena stress, tekanan darah, asam lambung. Yang mana ketiga kondisi pemicu sakit kepala ini datangnya tidak bisa diduga, dan antara satu dengan lainnya sangat berkaitan dan saling mempengaruhi. Sebagai contoh; pada saat kita berada dalam keadaan rasa tertekan sangat berat, baik tekanan itu datang dari luar maupun dari dalam diri kita sendiri. Maka oleh karena beratnya tekanan itu, Kejiwaan kita akan labil, nafsu makan hilang, pikiran pusing. Jika kondisi ini berkepanjangan maka pencernaan pun terganggu, asam lambung meningkat. Bersendawa taiada henti, dan jika sendawa berhenti Kepala akan terasa sakit sekali.

Walhasil Stress dan gangguan asam lambung, merupakan satu Paket penyebab Sakit kepala, (selain adanya faktor gangguan klinis seperti, Sakit Kepala karna terbentur sampai mengakibatkan luka). Akibat lain dari paket pemicu sakit kepala tersebut adalah tekanan darah meningkat (hipertensi).
Dan jika kondisi telah menjadi kronis, maka Rumah Sakitlah tempat yang cocok untuk penyembuhannya.

Atasi Stress

Sebelum anda Masuk RS akibat Stress yang banyak menimbulkan berbagai gangguan penyakit. Maka ada baiknya anda melakukan evaluasi diri dulu, kira2 apa yang menyebabkan Stress bagi anda itu. Janganlah terlalu berkeras hati untuk segera menghilangkan problem yang menyebabkan Stress tersebut, karena bisa jadi malah nambah ruwet bin runyam. Sedikit bersabar sambil mencari nasehat dari teman dan orang tua, itu akan lebih baik.

Jika anda seorang Muslim, Ingatlah pada firman Allah,"Inna ma'al 'usri yusron" bahwa setiap ada kesulitan pasti ada kemudahan. Dan Firman Allah yang lain: "Ala bidzikrillahi tath'mainul quluub" Ingatlah dengan mengingat pada Allah, maka hatimu akan merasa tenang(jangan diartikan secara harfiah). Stress tidak pernah bisa mengusik pada orang yang hatinya tenang.

Langkah lain untuk mengurangi Stress adalah, banyak berkomunikasi dengan orang lain, Rilek atau santai, bersenda gurau, Olah raga, berenang, mancing , dan kegiatan2 lain yang menyebabkan anda bugar dan bergembira. Kegiatan2 tersebut memang tidak memecahkan problem yang sedang anda hadapi, tapi paling tidak memberi kesempatan pada pikiran dan tubuh kita agar tidak terkungkung pada problem hidup. Stress bagi orang hampir sama dengan Hank bagi komputer. Janganlah dipaksakan karena bisa menyebabkan memory Jebol. Refreshlah dulu, jika perlu scandisk, defrag, baru restart.

Kurangi minum, minuman yang berkafien, seperti kopi karena kafein pada kopi dapat merespon timbulnya gelisah. sebaliknya perbanyak minum air putih, teh hijau, karena teh hijau dapat memberikan rasa nyaman bagi tubuh kita.

sampai disini tulisan "Cara Menghilangkan Sakit Kepala" saya sudahi dulu, Insya Allah akan saya sambung dengan "Mengatasi Sakit Kepala akibat Asam lambung" pada postingan mendatang. Dan semoga ada manfaatnya bagi anda.

1 komentar:

  1. Terimakasih kembali
    Dan salam kenal buat saracensa di UII Yogyakarta.

    BalasHapus

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi