Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Jumat, 08 Juni 2012

Menghapus Virus Trojan Secara Manual

Virus Trj atau biasa dikenal Trojan, adalah termasuk jenis virus yang banyak ditakuti oleh para pengguna komputer, ia cepat sekali menyebar untuk membebani sistem pada komputer, dia juga sangat bandel. sulit sekali dibuang dengan antivirus, karena selalu di Up tudate dan diprotect dari antivirus.

Oleh karenanya kalau komputer sudah terserang Trojan, maka kita harus punya antivirus yang lebih Up to date dari virus trojan yang menyerang komputer kita. Tentu saja ini sangat menyebalkan sekali, karena komputer yang kita pakai makin lama makin nambah lemot. sementara antivirus yang lebih mutahir pastilah tidak gratis.

Dari kejadian yang pernah saya alami, ketika komputer saya mulai terjangkit virus Trojan. Anti virus Avira 8, memberitahukan adanya virus sekaligus men-scan, selesai men-scan langsung meng-karangtinakan. Dan terus berulang ulang seperti itu, ahirnya saya coba men-delete dari program antivirus tersebut. Namun ternyata si virus masih tetap nongkrong di komputer saya. Lalu saya ganti Antivirusnya dengan Avas, Panda dsb. Tapi virus tetap saja tidak mau hilang. Pesan adanya virus Trj tetap saja muncul seperti semula.(mungkin antivirus yang saya instal, antivirus gratisan atau virusnya yang sakti..yang jelas gak mempan).

Nah kalau anda kebetulan mengalami hal yang sama seperti yang saya sebutkan diatas, maka janganlah keburu repot seperti saya, gonta ganti Antivirus. Padahal kalau kita tidak keburu bingung. Setiap program antivirus (umumnya / mungkin ada yang nggak) dalam memberikan pesan adanya virus, selalu menyertakan alamat letak virusnya. Kalau komputer terinfeksi virus tersebut belum terlalu lama, yah..paling masih disekitar
"C:\Windows\installler\....{47702026-0515-9c73-468c-6796308204de} ..Trj 8000000.@. Dan kemudian berpindah ke "C:\Documents and Settings\..\LocalSettings\ApplicationData\{47702026-0515-9c73-468c-6796308204de}\U\80000000.@

Angka 8000000 (delapan Juta) ini adalah batasan ahir urutan file yang akan dibuat oleh virus tersebut sebagai induk semang. Dan Setiap file yang punya nomor urut paling rendah dihapus atau dikarantinakan maka akan dibuatkan lagi dengan yang baru, begitu dan begitu seterusnya. sedangkan perintah2 apa saja yang ada dalam file yang dibuat oleh virus tersebut saya tidak tahu karena akan selalu berubah tergantung mood si pembuat virusnya, yang jelas semakin banyaknya penambahan virus dari induk semang tersebut, komputer akan menjadi lemot yang kemudian Hank.

Adanya Pesan dari program Antivirus tentang alamat letak virus itu berada, kemungkinan besar untuk memberikan solusi lain jika ternyata Program antivirus tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah (membuang virus)itu / ini hanya kesimpulan saya. Dan solusinya tidak lain tentu dengan cara mengejar ke alamat dimana virus itu berada. Dan men DELETE nya secara manual. Apa bisa Virus cukup di Delete.? Tentu saja bisa. Semua file yang ada di komputer pasti bisa di hapus, tinggal bagaimana caranya untuk menghapus file itu, yang kadang kita tidak tahu.

Yang perlu diperhatikan dari cara men DELETE File virus tersebut, agar tidak menduplikatkan dirinya lagi adalah: Sebelum menghapus atau men Delete file tersebut. bukalah properti Recycle Bin dulu, dengan cara klik kanan pada Recycle Bin kemudian Klik properties dan pastikan bahwa "Maximum size Recycle Bin" berada pada angka 0. Atau centang "Do not move file to the Recycle Bin". Dengan demikian Penghapusan File tidak akan nyangkut / mampir dulu ke Recycle Bin. Karena kalau File yang merupakan virus tersebut sempat mampir ke Recycle Bin. Sebelum anda sempat mengosongkan Recycle Bin, file tersebut sudah berhasil mereplikasikan diri. sehingga seakan akan file tersebut tidak bisa dihapus.

wah hampir lupa. Kalau pada alamat diatas ada ....\U\, hapus saja folder U buatan virus tsb.

Demikian pengalaman Menghapus Virus Trojan Secara Manual dari saya. Semoga ada manfaatnya.

5 komentar:

  1. wah bisa nambah wawasan nih....makasih gan.

    BalasHapus
  2. makasih gan.. ni gara" FD temenku jadi LP heng

    BalasHapus
  3. thanks mind... gara" temenku Laptopku jadi kena Trojan nih..

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya, sangat membantu
    salam kenal dari kami pecinta IT www.komputermurahkediri.com

    BalasHapus

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi