Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Minggu, 25 Maret 2012

Menghilangkan Noda warna Pada Layar TV

Screen CRT(Cartiged Ray Tube) yang biasa disebut juga Layar Tabung Monitor atau Televisi. Kalau pemakaiannya sudah lama, Terkadang mempunyai masalah yang cukup menyebalkan. yaitu pada saat TV atau monitor di hidupkan, tampak ada warna yang monoton pada layar bagian bawah, atau di pojok bagian atas. terkadang warna yang tampak berupa warna biru atau merah.

Penyebab masalah ini biasanya disebabkan karena :
1. Kondisi tabung (CRT) yang sudah lemah.
2. Degousing Coil yang tidak teraliri Listrik atau adanya perubahan tahanan pada Resistor PTC
3. Pernah mengalami penggantian speaker dengan jenis Magnit terbuka tidak dilindungi.
4. Deflection Yoke, atau istilah tukang reparasinya Konde, kurang mendapat teganan maksimal. (jarang terjadi)

Solusi Untuk Point 1 dan 2 :

Kepada anda yang awam terhadap peralatan Electronic, saya tidak menyarankan
anda untuk menelusuri ketiga penyebab masalah ini. Karena salah-salah akibatnya bisa fatal.
Saran saya adalah, Kalau benar TV atau Monitor anda sedang memperlihatkan gejala seperti ini, maka yakinkan dulu, apakah masalahnya benar seperti yang saya maksud dalam tulisan ini. Yaitu dengan menghidupkan TV kemudian lepas kabel antena, sehingga yang nampak hanya cahaya raster (bintik2 hitam atau warna hijau blank), jika benar seperti itu, akan tetapi dipojok atau dipinggir layar ada warna lain. Maka ambillah sebatang Magnet dan dekatkan ke bagian pinggir TV, yang ada muncul warna lain. Aturlah posisi arah medan magnet sampai mendapatkan kesesuaian warna raster. kemudian rekatkan dengan lem atau plaster. Setelah itu tancapkan kembali kabel antena dan lihat hasilnya. Trik ini cukup berhasil walaupun TV anda akan terlihat seperti orang habis kecelakaan (diperband).

Solusi Untuk Point 3.
Loud Speaker yang bukan dirancang untuk pengeras suara TV, memang tidak mempunyai pelindung medan Magnet. sehingga jika anda mengganti speaker TV dengan yang berjenis ini, akan mempunyai akibat Noda warna Pada Layar, dan untuk menghilangkan noda warna tersebut pertama coba jauhkan Speaker dari Layar, atau coba putar2 kedudukannya, agar arah medan magnet tidak bertolakkan. Kalau masih tidak berhasil, berilah pelindung yang terbuat dari seng Untuk melindungi Magnet speaker tersebut. Atau ganti Speakernya dengan yang mempunyai pelindung magnet.

Dan bagi anda yang tahu komponen Electronic, siapkanlah multi tester, Lepas Tutup bagian belakang TV, dan carilah Degousing Coil yang bentuknya seperti kabel bulat warna hitam, melingkar dibagian pinggir tabung, Lepaskan bagian Ujung yang menancap ke PCB, dan tes dengan multi tester, Tempatkan posisi Pin selector Multi tester pada 1 x Kohm. perhatikan jarum multi tester, jika penyimpangan jarum lebih jauh dari separuh sekala multi tester, berarti sepul Degousing Coil sudah ada yang korslet ( perlu diganti), dan jika simpangan jarum multi tester kurang jauh maka kondisi Degousing Coil masih baik, tidak perlu diganti, yang mesti diganti adalah Resistor PTC yang terhubung secara serial dengan pin ujung Degousing Coil yang melekat pada PCB. Resistor PTC ini biasanya berbentuk segi empat dengan ukuran 1x1,5cm berwarna hitam.

Demikian postingan untuk peralatan electronic, semoga ada manfaatnya.

17 komentar:

  1. bos,,,brp ohm umumnya ukuran degausing tv 21 inch..

    BalasHapus
  2. Besarnya Ohm pada degausing Tv itu relative berbeda, tergantung pada merek Layar CRT TV, dan kalau mengukur degausing coil dengan avo meter, kalau Kenop selector menunjukan pada x 1 k ohm, jarum mesti menunjuk separuh atau lebih sedikit.

    Tks.

    BalasHapus
  3. Sy baru beli TV polytron 21 inc,pertma baang tsb d kirim dan sy nyalakan ada flek hitam d pojok kanan bawah, sy komplen k toko ny, bsok nya tv d tukar dgn yg baru model nya sama, tapi 3 hri d pake muncul lg flek merah d pojok kanan bawah tapi lbh kecil, sy mls komplen trus jdi sy biarkan sja, skrng sdh 1bln d pake malah tmbh besar flek nya dn pindah posisi ke kanan atas gmna solusi nya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. membaca cerita anda, saya cuma bisa menyimpulkan, kemungkinannya adalah bukan TV yang baru anda beli yang mengalami gangguan. akan tetapi Tempat (lokasi) dimana TV itu diletakkan ada medan magnit, mungkin terlalu dekat dengan Salon atau Speaker aktive, atau kemungkinan ke 2 nya, voltase Listrik di rumah anda drop sehingga Degausing coil yang ada pada TV (TV tabung) kurang maximal bekerja.
      Coba pindahkan TV ke lain tempat. Jika tidak berhasil. Pakailah stabilizer untuk menstabilkan voltase listrik.

      Ok, mudah2an saran saya bisa membantu.

      Hapus
  4. tanya ohm...tv gua sharp 21'' bru 2 bulan dirmh eh jatuh ama mejanya..trus q priksa bagian dalam pcbnya ada yg retak..stlah q sulder ternyata strnya wafat..trus q ganti..ternyata tr swicing jg ikut mati..skrng udah idup lagi cuma dibagian kiri atas ada warna blog merah,dikanan ijo hampir stengah layar..udah tak ilangin pake magnet tp g berhasil..itu kira2 tabungnya apa ada sebab2 laen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Periksa Degausing coil nya, apakah kabel spoolnya masih bagus atau sudah putus.
      2. Periksa PTC, bentuknya persegi dgn warna hitam dan dua kaki. berfungsi sebagai resistor auto cut. apakah masih berfungsi baik. kalau tidak ganti saja, harganya murah kok.

      Hapus
  5. Kang TV ku LG 21SD1AD U-Slim baru dipake 1/2 Bulan setiap dimatiin kira-kira setengah hari atau lebih pas dinyalain lagi gitu di pojok kanan atas layar ada noda merah tapi sekitar 1jam kesana nodanya sudah mulai hilang, ini udah ku bersihin pake magnet dan berhasil hilang, tapi bakal muncul lagi ga ya nodanya..?

    Dan TV ku di letakan di sebelah kipas dan radio tape yg aku jadiin speaker aktif. Apa ga kenapa-napa..?
    Emang 1minggu pertama deketan sama kipas di sebelah kanan, ada noda di pojok kanan bawah warna biru tapi kesini-sini udah jauhan nodanya udah ga ada abis di bersihin pake magnet.
    Pertanyaannya apa nodanya bakalan terus muncul lagi apa engga...?

    Maaf panjang, Trms..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Mudah2an saja bisa sembuh secara permanen. tapi sebab kejadiannya kan bisa berbeda2. silahkan Baca komen2 yang ada.

      Hapus
  6. Tapi kang nodanya tetep ada aja tuh udah males kalau di bersihin manual..
    Pertanyaannya . Kalau gitu mulu tapi bakal pengaruh ga ama TV nya soalnya noda begitu cuma muncul 2jam aja kesananya udah samar-samar...?
    Kalo di bawa ke bengkel kira-kira bakal mananya yg di ganti dan biaya bakal kena berapa..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan tindakan yang diambil oleh bengkel yaitu
      1.mengganti PTC, itu semacam Resistor ( Yg klo pada panas tertentu Pusus otomatis)
      2. mengganti Loading Coil. mungkin ada istilah lain untuk komponen ini. tapi yg jelas fungsinya untuk, menjerat noda2 pada Layar Tabung CRT.

      Saran saya, biarkan saja dulu ( Hal itu tidak akan merusak TV anda / kecuali anda merasa sangat terganggu). karena dengan berjalannya waktu, nilai komponen yg ada pada peralatan elektronik, biasanya akan berubah. (Tiap komponen mempunyai ambang toleransi, baik arah berkurang maupun lebih). OK tks.

      Hapus
  7. kalo suara volume tv kadang kecil kadang gede sndiri trus bunyi kresek2,,kira2 apanya yg rusak ya gan?? makasih sbelumnya,,

    BalasHapus
  8. Mas Joko, Tv ente model dulu, atau model sekarang.
    Kalau TV model sekarang (pengaturannya pake Remote), maka kemungkinan besar AGC nya atau Automatic Gain Control nya. Tapi kalo TV model Jadul, terkadang cuma Potensio atau putaran Volumenya yg sudah aus, cukup disemprot pake Cleaner saja sudah sembuh.

    BalasHapus
  9. mas tv ane Merk nya akari 21 inch .
    tv ane ko ada nodanya hampir semuanya di layar warnanya hijau merah kuning , itu kenapa ya kalo bisa kasi ane solusi nya ya mas .. thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Azi, Warna hijau, merah pada TV yang anda maksud, apakah warna tsb monoton, artinya sekalipun TV sedang tidak ada gambarnya warna tersebut tetap ada, atau warna gambarnya yang misah2.
      Untuk yg pertama, jawabannya sudah ada (lihat komen yg lain)
      Untuk Yg kedua. Warna gambar terpisah2. biasanya Ring Magnit perangkap kathode sudah lemah, terkadang Spool Horizontal & Vertikal yang fungsinya sudah tidak maksimum lagi, juga dapat mempengaruhi warna pd gambar.
      solusinya, pertama: coba putar2 Ring magnit satu dan lain secara bergantian agar dapat menyatukan warna. Kalau tidak berhasil, ganti dengan Ring magnit yg baru. (ring atau Cincin Magnit, letaknya ada pada Leher tabung layar di belakang konde atau spool Horizontal.)
      Ok smoga berhasil.

      Hapus
  10. mas ags tv sya merknya TCL tabung, d pakainya siih udah lama, cuma tiba2 di pojok kiri bawah ada efek warna biru/ungu, besoknya kanan~kiri, dan lama kelamaan, makin parah sob, gimananih tolong solusinya sob th'x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya ada pada Komentar tgl 31 Oktober 2012.
      Coba anda ganti degausing coilnya. karena Layar CRT TV anda mungkin
      sudah lemah.
      Lihat juga jawaban 5 Mei 2013.
      OK tks

      Hapus
  11. Mas Agus,tv aku merk sharp alexander slim II.pas dihidupkan ada warna membulat di tengah tabung sprti pelangi,dan tengah tengahnya sprti warna yg luntur.kira kira apa penyebabnya?
    Mohon solusinya mas, tq..

    BalasHapus

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi