Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Jumat, 23 Maret 2012

Trik Memilih Sekolah Swasta

Seperti kita ketahui bersama bahwa Ujian Nasional sudah di ambang pintu. Bagi Para orang tua, maupun anak2 yang amsih harus melanjutkan sekolah, mulai berfikir dan bercita2, akan melanjutkan sekolah kemanakah setelah UNAS nanti.

Dan tidak kalah sibuknya para penyelenggara Usaha Pendidikan dalam menggaet calon anak didik yang menjadi komoditi bagi usahanya.
Ada yang dengan pemasangan sepanduk2, di berbagai sudut jalan yang mudah dilihat. Ada yang menyebarkan Selebaran2, Brosur2 yang Lux, dengan penawaran Keistimewaan Kemurahan dan kemudahannya. Bahkan jauh sebelum UAS berlangsung, Pihak2 sekolah sudah dijadikan partner dalam usaha promosi pendidikan (yang setingkat lebih atas) melalui acara Edufa (Education Fair).

Persaingan merebut Calon anak didik memang sudah menjadi agenda tahunan bagi PUD (Penyelenggara Usaha Pendidikan). Tapi anda jangan mudah terkecoh. Karena banyak PUD yang memberikan imeg sarana dan pra-sarana yang tidak sesuai dengan kenyataan. Bahkan ada beberapa PUD yang memerintahkan anak didiknya untuk menggaet teman2 yang baru akan melanjutkan sekolah dengan trik jebak kelinci, dengan imbalan sekian persen per-calon murid. Sedemikian ketatnya persaingan Usaha Pendidikan ini, sehingga nampak seperti bisnis Multi Level Marketing (MLM).

Lalu bagaimana kita harus memilih sekolah yang sesuai seperti yang kita harapkan? berikut ini beberapa trik memilih sekolah swasta :

I : Anda boleh saja mencari informasi tentang kwalitas suatu sekolah dari media massa/electronik,Internet, brosur2 yang kita terima dari orang dsb. Sebagai bahan informasi awal bagi anda.

II. : Dari Informasi awal tersebut, anda boleh menaruh minat ke beberapa Nama sekolah yang sesuai dengan berbagai pertimbangan anda.

III. : Sebelum penerimaan murid baru dimulai, sebaiknya anda melacak langsung ke sekolah yang anda minati tsb. Dengan melihat berbagai sarana, dan fasilitas sebagaimana yang diinformasikan melalui brosur2nya.

IV. : Carilah informasi tentang staf pengajar (Guru). baik tentang dedikasi maupun pengalaman staf Pengajar sekolah tersebut, dan hal2 lain yang menurut anda patut diketahui.

V. : Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, Akses Keluar masuk sekolah dari lingkungan sekitar. Suatu sekolah dapat di katagorikan buruk kalau ia mempunyai banyak pintu masuk, selain pintu gerbang utama. karena hal ini akan mempersulit pengontrolan terhadap murid2 (yang melarikan diri) dll, demikian halnya sekolah2 yang mempunyai pintu2 yang tembus ke pemukiman warga.
Lingkungan sekolah yang baik adalah lingkungan sekolah yang tertutup dari pengaruh luar, mempunyai tempat Peribadatan seperti Masjid atau surau karena hal ini secara pisikologis dapat mempengaruhi kehidupan religi anak didik.

Dan yang terahir adalah, Cobalah anda cari tahu tentang kepemimpinan dan administrasi atau Manajemen sekolah tersbut.
Mengapa Sistim Manajemen saya sebutkan dibagian ahir Trik Memilih Sekolah ini. Karena keberhasilan seseorang dalam menuntut ilmu bukanlah tergantung pada sistim manajemennya. Melainkan kepada seberapa piawainya para guru yang dimiliki sekolah tersebut. Namun begitu Sistim manajemen yang baik yang terdiri dari para pakar dibidang masing2 akan lebih mendongkrank keberhasilan anak didik. Sebagai ilustrasi, sekolah swasta yang memenuhi kriteria sekolah yang baik dan bermutu adalah SMA Diponegoro 1 , SMA Al Azhar dan sebagainya.

Demikian artikel singkat tentang trik memilih sekolah swasta yang dapat saya sajikan pada postingan kali ini, semoga ada manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi