Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Sabtu, 10 Maret 2012

Trik mengasah Gergaji

Mungkin anda pernah melakukan suatu pekerjaan dengan menggunakan Gergaji. Tahukah anda bahwa gergaji itu ada dua macam yaitu Gergaji potong dan gergaji belah?. Pada dasarnya Gergaji manapun dapat digunakan untuk memotong atau membelah kayu, tapi hasilnya akan berbeda. Contoh : gergaji potong, jika untuk membelah kayu yang panjang akan menghasilkan belahan yang tidak lurus, dan gergaji belah, jika untuk memotong akan mengurangi ukuran panjang, misalkan anda akan memotong2 kayu yang panjangnya 100 cm kedalam 5 bagian. maka masing2 potongan kayu bukan lagi 20 cm, atau dengan kata lain jika potongan2 tersebut disatukan kembali maka panjangnya akan berkurang 0,5 sampai 1 cm. itupun kalau anda melakukan pekerjaannya dengan baik (lurus), tapi jika hasil potongannya tidak lurus maka panjang kayu akan berkurang lebih banyak. dengan demikian perhitungan anda akan selalu meleset. Mengapa..? karena "Gergaji belah" mempunyai gerigi yang lebih lebar kesamping dan ketajamannya multiple. sedangkan gergaji potong mempunyai gerigi lebih ramping dan ketajaman gerigi satu sisi kedepan dan satu sisi kebelakang saja. Sementara itu Gergaji baru (dari toko) mempunyai Type standar yaitu kerenggangan gerigi seperti jenis gergaji potong, sedangkan ketajamannya dibentuk seperti gergaji belah.

Cara mengasah

Kalau yang akan anda asah adalah gergaji baru (gergajinya sih lama, cuma sejak beli belum pernah diasah). Maka sebelum mulai mengasah anda harus ambil keputusan dulu, apakah akan dibentuk menjadi gergaji potong, gergaji belah, atau gergaji standar. Kelemahan gergaji type standar, kalau sedang buat membelah atau memotong kayu sering2 Ketika Gergaji sebagian sudah masuk kedalam kayu, di dorong maju nggak bisa ditarik mundur juga susah(terjepit). Tapi kalau anda tetap akan mengasah dengan type standar, ikuti saja bentuk seperti apa adanya. Letakkan Gergaji diatas bantalan kayu sambil diinjak bagian yang ratanya. Genggam gagang Kikir dengan tangan kanan sementara ujung kikir dengan tangan kiri. gesekkan secara teratur kearah depan setelah sampai pangkal kikir angkat, kemudian ulang 2 atau 3 kali. jangan menarik kikir kebelakang.

Jika anda ingin mengubah kedalam bentuk gergaji belah, sebelum anda asah dengan kikir, rentangkan dulu gerigi2 gergaji kearah yang sesuai dengan sisi tajam gerigi. Lebar rentang gerigi antara 0,2mm sampai 0,3mm. Cara menggesekan
kikir (mengasah)sama seperti pada bentuk gergaji standar. Dan untuk bentuk gergaji potong, rentang gerigi tidak lebih dari 0,2mm. dengan pengikiran masing2 satu gerigi sisi kanan kearah depan saja, dan gerigi sisi kiri kearah belakang saja atau sebaliknya.

Demikianlah sekedar pengetahuan yang mungkin tidak berbobot ini saya kaji dari dunia Perkayuan. dan semoga ada manfaatnya.

6 komentar:

  1. iya terimakasih ilmunya.segala sesuatu dimulai dari yang sederhana.

    BalasHapus
  2. Berguna sekali...makasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih informasinya...nambah pengetahuan.

    BalasHapus
  4. Wah.. tengkyu infonya... baru beli gergaji nih tapi gak tajem
    Mau ngasah gak tau caranya.

    BalasHapus
  5. kurang detil gan ane gak faham, kalo bis pake gambar n di tunggu update selanjutnya ya

    BalasHapus

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi