Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Minggu, 08 April 2012

Cara benar menghemat listrik

Kalau ada tulisan di blog yang mengatakan untuk menghemat listrik sebaiknya komputer yang tidak digunakan agar di Standby, AC dan Kulkas agar di set pada suhu minimal dst. Membaca tulisan tersebut rasanya kok nggak logis gitu lho..

Modus apapun selama hardware komputer bekerja, tetap saja menggunakan listrik. adapun trik meminimalkan suhu kulkas dan AC. menurut saya malah pemborosan listrik. Kok bisa gitu, knapa.? baik langsung kita kupas saja logikanya.

Modus Standby pada komputer.

Pada modus ini, komputer hanya menonaktifkan VGA dan sebagian prosesornya. Sehingga tidak menampilkan apapun pada monitor. Sementara itu Power Suplay tetap bekerja secara penuh, baik Power suplay yang ada di komputer maupun yang ada di monitor. Jadi pada kondisi seperti itu, Prosessor hanya menunggu perintah ENTER dari User dan Monitor menunggu sinyal dari VGA. Sementara penggunaan listrik sama seperti dipakai normal. Untuk melihat buktinya anda tidak perlu repot bongkar-bongkar segala, lepaskan saja kabel data dari monitor. maka monitor akan menampilkan "No Signal".

Meminimalkan suhu kulkas dan AC

Artinya kulkas atau ac mati pada saat suhu seminimal mungkin. Matinya (tidak bekerja) nya kompresor kulkas atau ac ini dikendalikan oleh komponen yang berupa thermostat, baik yang kulkas bertype nofros maupun yang defros. Dan pada saat suhu mendekali suhu standar ruangan (sesuai penyetelan) maka thermostat akan kembali menghubungkan saklar kompressor, yang berarti Kulkas / ac hidup (nyala) lagi. Semakin minim-nya penyetelan suhu maka kompressor akan semakin sering mati dan hidup lagi. Perlu diketahui bahwa Start awal kompressor kulkas / ac, pemakaian listriknya 5 kali lebih besar dari pada keadaan sedang berjalan normal, bahkan terkadang menjadi Overload karena tekanan gas freon masih belum seimbang Oleh karena itu dengan seringnya kompresor ON/OFF maka pemakaian listrik akan menjadi lebih besar. Walhasil tagihan listrik pada ahir bulan membengkak.

Baiklah kita bicarakan solusinya saja

Pertama, tentu saja kita pilih peralatan listrik yang hemat energi walaupun terkadang tidak hemat harga. Jika harus sering menyetrika, gunakan setrika yang watt rendah, untuk alat setrika ini anda boleh sering mamatikan setrika sesuai effisiensi pemakaian, karena akan effisien juga terhadap pemakaian listrik.

Ke dua, Jika rumah anda menggunakan AC, maka gunakanlah sesuai kebutuhan. contoh saat anda sudah tidur nyenyak, anda tidak lagi membutuhkan Udara yang sangat dingin, maka sebaiknya AC dimatikan ( lah orang lagi tidur.?) tentu dengan menggunakan timmer, dan timmer yang tidak menggunakan tenaga listrik adalah timmer mekanik. Hal itu juga dapat membantu anda saat anda keluar rumah dan lupa mematikan AC.

Ke tiga, TV dan peralatan electronic lain yang menggunakan remote control, jika
tidak akan digunakan dalam waktu lama, sebaiknya dimatikan total. artinya sambungan kelistriknya di lepaskan.

Ke empat, sudah banyak ditulis blogger lain.

Ke 5 dst. kalau tidak ingin mengeluarkan duit untuk listrik, jangan langganan PLN, Wha..ha..ha.. Ok itulah Cara yang benar menghemat listrik.

semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi