Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Minggu, 01 April 2012

Trik Menulis artikel di blog

Walaupun tulisan saya tidak seindah sair pujangga, dan tidak sebagus guru bahasa, begitu juga artikel tentang trik "Menulis artikel di blog " sudah banyak di ulas oleh banyak orang, namun tidak ada salahnya kalau saya ikut menyumbang tulisan macam itu, selama tulisan itu bukan dari hasil Kopy paste, karena tujuan dari tulisan ini adalah semata mata hanya untuk berbagi pengalaman. Bisa saja kita sama2 berjalan pada jalan yang sama tapi karena selisih waktu yang berbeda maka pengalamannya pun berbeda pula.

Inspirasi tulisan ini datang ketika saya coba membuka statistik pembaca tulisan di blog saya, dan ternyata para netter yang membuka blog saya itu bukan hanya dari indonesia saja. Maka oleh sebab itu saya mencoba memasukan google translator kedalam blog saya, dan setelah itu saya coba ngetes tiap postingan dengan translate bahasa inggris. Dan ternyata susunan kata yang telah di alih bahasa tersebut menjadi berantakan. Saya yakin tulisan-tulisan saya pada bulan yang lalu tidak bisa atau sulit difahami oleh orang-orang sana. Mudah mudahan dimasa mendatang saya dapat memperbaikinya.

Jadi menurut saya, tulisan yang baik, dalam arti tidak rusak meski di alih bahasa kedalam bahasa inggris, dan bisa diharapkan muncul pada urutan pertama di search ingine google adalah sebagai berikut:

Cek Judul dan Materi artikel di blog

Sebelum anda mulai menulis, tentu anda sudah mempunyai gagasan tentang materi apa yang akan anda tulis, dan judul apa yang cocok untuk materi tersebut sekaligus bisa menempati urutan pertama pada daftar search ingine. Nah setelah anda sudah mempunyai materi yang akan dibahas, dan judulpun sudah anda tentukan. Maka sebaiknya coba masukkan judul gagasan anda ke kotak search google dulu, Google akan menampilkan hasil pencarian dari key word yang anda masukkan tersebut, dan ada berapa banyak materi yang berjudul persis seperti judul anda. Hindarilah kesamaan, usahakan serupa tapi tak sama. Ada baiknya juga anda membaca materi materi yang serupa guna menambah bekal dalam menulis. Judul Postingan yang orisinil adalah judul yang belum ada kesamaannya, asalkan materi tidak terlampau menyimpang dari judul postingan.

Pengulangan kalimat judul postingan

Agar Postingan anda tidak terlewatkan oleh mesin pencari google (tentunya kalau blog anda sudah terindex oleh google), maka tidak ada salahnya anda mengulang kalimat judul postingan anda. Kalau pada saat anda cek judul sebagaimana tersebut diatas. kemudian judul gagasan anda sudah didahuliu orang , maka jangan bingung buatlah judul yang mirip, setelah itu pada pengantar materi anda boleh memasukan lagi judul yang menjadi gagasan anda tadi. Atau anda mengulang judul secara keseluruhan pun tidak masalah, asalkan tidak lebih dari tiga kali. Pengulangan kalimat judul postingan boleh disisipkan di tengah materi tulisan atau dibagian ahir tulisan. Atau di awal isi materipun tidak masalah asalkan anda menuliskan kata yang menunjang terhadap pengulangan kalimat judul dan Judul tidak melenceng jauh dari isi materi. Bahkan cara seperti ini ada kemungkinan satu materi postingan anda akan terindex sebagai dua judul dalam daftar hasil pencarian key word.

Penggunaan Tata bahasa (grammer)

Kalau anda akan menulis sebuah buku, maka anda harus terlebih dahulu menguasai tata bahasa, perbendaharaan kata dan lain sebagainya yang tentunya agar pikiran pembaca ikut terbawa oleh tiap bait kalimat yang anda tulis. Kalau tidak buku anda tidak akan laku dijual, bahkan mungkin akan jadi cemo'ohan orang. Lain halnya Jika anda mau menulis artikel di blog, yang nota bene tidak mempunyai batasan pembaca, tidak terpisah oleh ruang dan waktu. Siapa saja, kapan saja dimana saja, asal dia terhubung ke internet dapat membaca tulisan anda.
Oleh karenanya cara menulis artikel di blog mempunyai perbedaan dengan menulis buku. Disamping perbedaan perbedaan diatas, masih ada satu lagi perbedaan yaitu, Sebuah karya pikir yang dituangkan dalam buku, tidak dapat ditranslasikan kedalam bahasa lain secara otomatis. Dan perbedaan inilah yang nampak paling tajam sehingga akan sangat berpengaruh pada gaya bahasa dan tata bahasa penulisan.

(Oleh karena Salah satu trik menulis di blog yaitu, "tulisan yang tidak terlalu panjang". Maka pembahasan materi ini akan dilanjutkan pada postingan mendatang). Sampai jumpa di kelanjutannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi