Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Selasa, 10 April 2012

Mengatasi Listrik Yang Turun Tegangan

Kalau Listrik PLN mati, kata penyanyi namanya.. Mati lampu. Kalau nggak sabar ya beli Genset. terus tiap mati lampu nyalakan pakai Genset. Tapi Kalau Listrik Tegangannya turun, dimana tegangan yang seharusnya 220v, Tegangan turun menjadi kurang dari 180v. Itu baru masalah.

Dimana Letak masalah akan timbul ?. Biasanya Kalau tegangan listrik turun melebihi kurang dari 180v. yang paling dirasakan akibat dari kondisi seperti itu adalah pada peralatan listrik yang menggunakan Motor Penggerak Dynamo. Seperti AC, kulkas, Mesin Pompa, mesin cuci dll.

Pada konsisi seperti itu, Kulkas, AC yang akan restart, akan mengalami Overload. Meskipun komponen overload ini dirancang untuk mengamankan terjadinya sepool dynamo terbakar, akan tetapi kalau komponen overload ON/OFF secara terus menerus. maka tidak ayal lagi, kalau bukan overloadnya yang rusak, tentu spool dynamo nya yang terbakar. Lebih parah lagi bagi Mesin Pompa air dan Mesin Cuci. Karena kedua mesin ini biasanya dipakai oleh penggunanya melebihi batas ketentuan.
sebagai Contoh, mesin pompa air yang kekuatan tenaganya 100w/220v, atau sama dengan kira-kira 0,8 PK dengan ketentuan tenaga hisapnya hanya sampai kedalaman 9m s/d 10 meter, tapi,karena kandungan air dalam tanah jauh, maka oleh pengguna ditambah pipa sampai 15m. Sehingga tenaga yang dibutuhkan melebihi batas. Pada tegangan listrik berada pada 220v atau 230v. Maksud pengguna dapat tercapai. Tapi kalau tegangan listrik turun sampai dibawah 180v. Dan mesin Pompa tidak disertai pengamanan Thermal (semacam overload, alat ini dianggap sebagai assesori sehingga keberadaannya pada mesin pompa relatif). mesin pompa dapat terbakar.

Untuk Mengatasi kondisi kelistrikan seperti tersebut diatas adalah dengan cara membuatkan bank capacitor. yaitu rangkaian capasitor yang di sambung secara paralel. Dan diletakan sedekat mungkin dengan dynamo. Menurut fungsi dan sifatnya, capasitor ini akan mengkondisikan tegangan listrik sesuai nilai capasitas dari komponen tersebut. contoh, capasitor yang mempunyai nilai 350v, ketika dialiri listrik dia akan menyimpan (sesaat) tegangan listrik hampir 300v. Dan tegangan Amper sesuai nilai Micro Farad nya. Kaitannya dengan Dynamo ini adalah Watt nya. Semakin besar Watt (tenaga) dynamo maka semakin besar juga penggunaan ampernya (micro faradnya).

Capacitor yang dimaksud disini adalah bukan kapasitor yang sudah ada (nempel) pada tiap-tiap dynamo peralatan. Karena kapasitor yang disertakan pada tiap-tiap dynamo mempunyai tugas menggerakan arah putaran dynamo. Dan disini saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar cara kerja dynamo dan kapasitor.

Bank CapacitorBank Capacitor

Yang pasti dengan menggunakan Bank Capacitor, sedekat mungkin dengan Dynamo, maka turunnya tegangan listrik akan terbantu. sebagai ilustrasi, jika mesin pompa air tenaganya 100 watt, maka sebaiknya dibuatkan rangkaian Capacitor dengan besaran volt 350v dan nilai faradnya 100 mfd, bisa terdiri dari 3 capacitor 30 mfd diparalel. Dan kapasitor yang saya maksud disini adalah kapasitor non polar atau kapasitor ac, bukan kapasitor DC yang biasa disebut Elco.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan nggak kesetrum.

63 komentar:

  1. mohon petunjunya ya suhu.....
    klo diynamo star'a lambat apa yg rusak suhu.. :)
    diynamo saya 1 hp 0,75kw/220v

    BalasHapus
  2. Terimakasih, Mas Ikang Rahman atas kunjungan anda.

    Dynamo 1 hp atau 1 pk = 750 watt, biasanya sudah menggunakan Rotettor untuk start, dimana spool help nya diparalel dengan capasitor yang nilainya diatas 150uF/350vol. Kalau pada start pertama tidak bisa memutar secara penuh (putarannya lambat) maka putaran selanjutnyapun akan lemah, atau bahkan menurun. Karena koneksi spool help sudah terlepas. Berbeda dengan dynamo-2 kipas angin yang spool helpnya secara kontinue tersambung ke listrik.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat mencoba menaikkan kapasitas(nilai) capasitornya.
    Kira2 itulah yang saya tahu, semoga berhasil.
    terimakasih.

    BalasHapus
  3. Yg saya tahu,kapasitor hanya utk kuatkan faktor daya, bukan naikin tegangan,dari pengalaman saya,tegangan drop krn korosi/kendor pd terminal kabel utama PLN, bisa jg kurang kuat bagian grounding,lebih oke beli ground yg bagus,tancep yg dlm ato dkt tmpt lembab/basah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya saya mohon maaf karena terlambat menjawab. dan terimakasih atas kunjungannya.

      Untuk menjawab Pertanyaan anda, saya tidak akan menguraikan jawaban secara ilmiah,
      karena masih banyak diantara kita yang masih awam tentang cara kerja sistim elektronik.
      salah salah nambah bikin bingung.
      Pertama yang dimaksud "Mengatasi Listrik Yang Turun Tegangan" dalam artikel ini ialah :
      Pada saat tegangan listrik PLN turun dari 220v menjadi 180v atau kurang dari itu, biasanya
      peralatan lIstrik yang menggunakan Motor Dynamo, seperti Mesin Pompa air, Kulkas, tidak kuat narik
      dan yang menyebabkan Overload. dengan adanya Bank capacitor ini, suplay listrik secara konstan
      sesaat dapat diperoleh dari listrik yg tersimpan didalam Capacitor (Capacitor Electrolit).
      Kedua, seperti kita ketahui bahwa semua komponen elektro yang dapat menyimpan listrik, seperti
      accumulator, Capacitor dengan voltase sesuai ketentuan sel yang dimilikinya atau capasitasnya.
      sebagai contoh, Accumulator(aki) yang ber voltase 12 volt, meskipun anda charg dengan 10 volt,
      aki tersebut akan tetap mengeluarkan 12 vol, begitu juga dengan Capacitor Electrolite, disaat
      yang hampir bersamaan yaitu pada saat pengisian dan pemakaian dia akan mengkontribusikan
      tegangan listrik sesuai nilai Microfarad dan capasitas voltage nya. dengan satu syarat, pemasangan Bank capacitor tidak jauh dari peralatan listrik yang dibantu.
      Dengan jawaban secara umum ini, mudah2 an dapat dimengerti. dan terimakasih atas kritiknya.

      Hapus
  4. q awam tentang elektro& pingin belajar. tp hingga saat ini tetep aja mumet kepala q......

    BalasHapus
  5. mau tanya bos,tegangan listrik di rumah saya 165 v sehingga kulkas saya gak kuat ngangkat atau over load, saya sudah pakai stabilizer tapi tetep ga kuat ngangkat atau masih over load, apa perlu saya pakai kapasitor, mohon solusi nya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Iwan Saputra, Kalau tegangan listrik dirumah anda turun melebihi batas toleransi, apa yang anda lakukan sudah betul ( menggunkan stabilizer ). Karena penggunaan Capacitor hanya effisien jika naik turunnya tegangan listrik masih dalam batas toleransi yaitu antara 180v atau 200v. Dimana seharusnya voltase listrik 220-230. Dan kalau sudah menggunakan Stabilizer masih juga tidak ngangkat, mungkin pilihan stabilizer yang anda gunakan yang kurang baik. Gunakan Stabilizer yang Otomatis, yang jangkauan voltasenya lebih tinggi + ampernya tinggi pula.

      hanya itu saran yg dapat saya berikan, untuk kondisi listrik dirumah anda.
      Terimakasih.

      Hapus
  6. mau tanya mas,...
    fungsi kapasitor 10mf/450v buat apa ya?
    ini didalam genset1000 watt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ari, Kalau mau mengetahui fungsi kapasitor, itu mesti melihat dimana kapasitor itu difungsikan bahkan Type kapasitor itu sendiri apakah non polar atau bipolar. Karena genset itu sendiri bermacam2 type dan merek, dan terkadang ada tambahan fungsi2 lain, kalau melihat ukuran nilai kapasitor yang anda sebutkan, kemungkinan untuk baypass (meredam induksi).

      Hapus
  7. wah mksh atas ilmuny...mg2 bnyk yg pd mengerti tentang elektronic..

    BalasHapus
  8. saya mau nanya nih mas,apakah bisa rangkaian sperti yg saya maksud di bawah ini bisa nambah daya dari 900 ke 1300 atu lebih :
    1. jadi listrik dirubah ke DC (menggunakan travo las kecil/900watt) lalu dikembalikan lagi ke arus AC/inverter dgn hasil daya lebih tinggi?
    2. atau AC-charger-ACCU-inverter ?
    Thanks mas bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh,.. trik sprti ini saya blm pernah noyba mas..!, jadi saya blm bisa jawab skarang. ok..

      Hapus
    2. bisa, tapi hati-hati dengan inverter di pasaran. inverter yang murahan tidak bisa menghasilkan listrik AC dengan gelombang sinus. dan harus etap pakai accu. konsep ini sama seperti kelistrikan pada mobil

      Hapus
  9. Permisi mas,, aq mohon bantuan ni,, gmn caranya agar qt bs menambah daya hisap & daya buang pada dinamo air,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya Hisap dan daya buang motor Listrik (dynamo) untuk pompa air, itu kan sudah ditentukan oleh pabrik, yang kaitannya adalah dengan penggunaan Watt Listrik.
      Kalo dynamo pompa air, tertera di labelnya, Penggunaan Listriknya 100 Watt. dengan daya hisap 12 meter, di akalin seperti apa pun, toleransinya tidak akan jauh dari yang sudah ditetapkan. Kecuali jika memang ada kemungkinan, bisa di gulung ulang, dengan kawat tembaga yang lebih besar diameternya. baru bisa tercapai dua kali dari sebelumnya.

      Kecuali, jika pompa tsb, setelah lama dipakai, tenaganga menurun, maka solusi yang bisa anda terapkan adalah :
      1. ganti impeller (kipas/baling2) yg berfungsi menghisap. atau Tutupnya anda ganti.
      karena sering2 tutup impeller, aus oleh gesekan2.
      2. Ganti atau Tambah Capasitornya.

      Ok mudah2an itu dapat membantu.

      Hapus
  10. Gan kalo capasitor genset 24 mf 400 volt 2 buah..mau saya pasang di generator 3000 watt bisa gk..?masangnya gimana y gan..? dipararel itu makstnya apa dari kaki capasitor 1 di ambil 1 jalur ke generator terus dari kaki capasitor 2 diambil 1 jalur ke generator jga, dan yg satunya jalur kaki capasitor 1 dan 2 di hubungkan gitu ..?
    Maklum ane masih awam..
    Mohon pencerahanya..

    BalasHapus
  11. kulkas saya rusak. gara-gara tegangan naik turun.sering kali suaranya jeduk-jeduk. sekrang malah gak bisa on. bagaimana langkah selanjutnya?

    BalasHapus
  12. Pertama Saya ucapkan Terimakasih atas kesediaan anda mampir ke blog saya.
    Mengenai kondisi Kulkas seperti yang anda ceritakan itu,

    Langkah yang harus anda lakukan.
    1. Cabut Kabel kulkas dari Stop kontak listrik, kemudian anda lihat belakang kulkas, lihat pada komppressor bagian listrik (ada kotak persegi) yaitu bagian Over Loading. Pada bagian ini ada dua komponen, 1 buah gulungan dan 1 buah Over Heat. Over Heat ini aksinya sama seperti MCB listrik. dia bisa cepat rusak kalo sering Down / Anjlok.
    2. Copot dan ganti kedua komponen tersebut sesuai dengan PK kompresor.
    3. Kalau langkah kedua tidak berhasil. Putuskan pipa kapiler atau filternya. kemudian tes kompresornya dengan menyalakan / menancapkan Jek listrik ke stop kontak dan coba On kan. Jika kompresor bergetar, dan pipa mengeluarkan angin. itu berarti sudah bagus.
    tinggal urusan masukin gas freon (yg itu mungkin bagian tukang kulkas, kecuali anda punya peralatannya).

    Ok... bisa difahami..?

    BalasHapus
  13. kali ini saya ingin bertanya bagaimana seputar mesin air DAP 125 watt agar putaran mesinnya lebih rendah (slow)
    terimakasih untuk selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, sayang banget anda tidak menyebutkan nama, jd susah manggilnya.
      Begini mas "Anonim". Kebanyakan Orang menginginkan ke-maxsimum-an hasil, tapi anda justru menghendaki sebaliknya. Tapi mungkin karena sekedar bertanya.. ya boleh2 saja.

      Dynamo atau Motor Listrik, Putaran mesinnya( AS Rotetor) disesuaikan dengan jumlah lilitan, sementara kekuatan putarnya disesuaikan dengan besarnya diameter kawat tembaga, pengurangan Lilitan akan menyebabkan Putaran lebih tinggi disertai panas yang tidak normal. sementara penambahan lilitan akan mengurangi Putaran !. Pada Penambahan Lilitan ini, memang mesin jadi lebih awet, tapi kurangnya daya akan menjadi masalah.

      Untuk Hal tersebut diatas, anda dapat membuat Lilitan External sesuai kemauan anda, asal besar diameter kawat sesuai dengan yg ada dalam dynamo. Bisa juga anda gunakan bekas Travo 12v, atau 24v. dengan Amper 3A. Sereikan kawat skundernya ke ujung kawat Dynamo secara serial.

      Ok, semoga anda cukup puas dengan jawaban ini.

      Hapus
  14. Mau nanya Gan, ada ga ya alat pengaman ketika tegangan listrik naik/melebihi batas normal 220 volt.kalau ada apa namanya dan berapa harganya ya?
    mhn jawaban di cc kan ke asepsp@gmail.com

    mksih

    BalasHapus
  15. Saalam gan.. Saya oni

    mw nanya jika jetpump pake stabilizer 500watt kuat ga? Dan kalo stabilizernya d tambah power bank gimana gan? Mohon pecerahannya. Trimakasih

    BalasHapus
  16. Mas BURUNGNYA suka nutup nutupi sembelih aja mas....mo tanya berapa harga kapasitor untuk "mempertahankan" tegangan tsb mas dan berapa ukurannya bila alat listrik yang dipakai jetpump 750 watt . maturnuwun

    BalasHapus
  17. hari ini tegangan listrik di rumah saya turun antara 180-190an, kira2 penyebabnya apa y mas mohon pencerahannya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama saya ucapkan terimakasih ataskesediaannya mampir di blog saya.
      Penyebab Tegangan atau Voltase Listrik turun,itu dari banyak faktor. Tapi yang umumnya yaa.. adanya devisit suplay dari gardu, Jauhnya jarak Travo, Fluktuasi pengguna listrik ada pada puncaknya,artinya semua orang sedang berbarengan menggunakan listrik,sementara pasokan listrik tidak mencukupi.

      Kira2 begitu mas Fahrul.

      Hapus
  18. mas mau tanya ni saya udah pake stabilizer..napa kadang listrik output dihasilkan ga sampai 220v. cuma dpt 200 gt aja..padahal pemakaian di awal normal aja ni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Andik, makasih ya dah mampir...
      mengenai indikasi tegangan yang diperlihatkan stabilizer, itu mungkin kalibrasi stabilizernya saja yg sudah gak akurat,cobalah pakai Volt meter khusus. mungkin bisa lebih jelas. tegangan 200v, saya kira itu masih dalam jangkauan toleransi. Jadi kalau tidak menimbulkan masalah, ya jangan dijadikan masalah.

      Ok Gitu aje yaa. Tks.

      Hapus
  19. Permisi gan numpang tanyak
    saya ada masalah dengan listrik di tmpat saya dngn PC saya
    Awalnya PC saya, sya nyalain tanpa stavolt normal, kemudian setelah listrik sya down, pc sya gak nyalah lagi, dan tukang service PC nyaranin pakek stavolt, setelah sya pake stavolt PC sya normal lagi, tapi jarum pada stavolt nunjukin angka lebih dari 220
    dan sekarang setelah sya pindah tempat, PC saya gak mau nyala, dan waktu saya liat ternyata jarum stavoltnya nunjukkin angka 220
    gimana ya gan caranya biar PC ane nyala lagi, padahal semua komponen PC sya normal karena sudah di tes,,apakah ini ada hubungannya dengan listrik di tmpat saya?dan gimana cara mengatasinya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Agung.., Beda lokasi terkadang beda juga kesetabilan listriknya..!!
      jadi sebelum mas Agung menggunakan Stabilizer atau Starvolt ( ha..ha..istilah ini saya baru dengar nih), sebaiknya gunakan saja dulu sebagaimana seharusnya.
      Kalau memang membutuhkan Stabilizer atau Step Up, baru anda pakai. Karena tidak semua peralatan tsb, dibuat serba automatice, Starvolt / Stabilizer / step Up, yang
      kelas menengah, terkadang hanya bisa menaikan tegangan pada saat volt listrik drop.
      tapi pada saat volt naik, dia tidak automatis turun. Umpama :
      pada sore hari voltage listrik 180volt, trus anda pakai peralatan yg kelas menengah tsb.
      dan tegangan listrik jadi 210volt.(Baguslah). Tapi pada jam 12 malam, mungkin listrik
      akan naik, karena berkurangnya pemakai. kalau anda masih pakai alat itu, tegangan bisa naik jadi 240 s/d 250 (bahaya).
      Kecuali alat Sartvolt yang anda maksudkan, bekerjanya hanya sesaat (pada Startnya saja). Ok ya, coba baca komen2 lainnya, saya kira ada yang sama, silahkan disimak.

      Hapus
  20. Saya mau tanya,saya baru beli kulkas tapi kenapa listrik dirmh saya jd sering turun,minimal sehari pasti turun padahal listrik dirmh saya 900 watt,sedangkan kulkasnya cm 70 watt dan saya tidak pakai mesin cuci,ac atau yg lainnya. Mohon bantuannya kira2 dmn letak kesalahannya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Wurry atas kunjungannya. Sebelum saya menjawab, saya mau pastikan
      apakah betul kulkas anda cuma 70 watt..? karena jarang sekali ada kulkas dibawah 100 watt. Kalaupun ada saya yakin start Up nya pasti lebih dari 200 watt.
      pertanyaan saya yang kedua,apakah kulkas anda termasuk yang menggunakan GasFreon atau gas lain.?
      Untuk jaawaban singkatnya, coba anda gunakan beberapa Capacitor yang diparalel dengan nilai 250Uf dengan voltage 300v.

      Ok semoga berhasil.

      Hapus
  21. maap baru belajar,, tu kapasitornya bole d pasang bolak-balik apa ada + dan - nya?? thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. capacitor untuk keperluan itu adalah yang berjenis non polar, artinya gak ada + atau - nya. jadi boleh2 saja dipasang bolak / balik.

      Hapus
  22. mas.. kalau ac sudah pake stop kontak yg lobang 3 yang ada sekringnya..apa sudah aman terhadap tegangan yg naik turun??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Gigih, yang namanya Stop kontak fungsinya yaa.. untuk menyambung antara perangkat dan Listrik, tidah lebih dari itu meskipun ada ketambahan sekring. Jadi Bukanlah Pengaman naik turunya tegangan. tetapi pengaman terhadap jika terjadi korslet(hubung singkat).

      Hapus
  23. mas wnet sy ac ny ga dingin, out doornya ga jln. d cek sm tehnisi ac voltasenya 180.. dsaranin pakai stabilizer. baiknya gmn ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang dirasa perlu, kenapatidak. Memang terkadang Penurunan voltage walau sedikit pada peralatan tertentu sangat berpengaruh, seperti AC, karena AC lebih sering restart ketimbang kulkas. dan mana saat restart itu membutuhkan tenaga yg kuat, karena tekanan freon belum seimbang. Kalau voltase sedang ada pada 180 sementara AC restart.maka dalam beberapa detik tegangan disekitar anda akan drop hingga dibawah 140v. dan power suplay komputerpun tidak bisa berosilasi,hingga membuat komputerpun restart.

      Hapus
  24. salam kenal masbro,..saya punya genset dgn daya 650 watt,brp voltase stavollt yang harus saya pakai? Soalnya pernah saya pakai stavolt automatic 1500 dan terbakar.....mohon pencerahannya

    BalasHapus
  25. Selamat siang Suhu.
    Pasokan listrik PLN di sekolah kami akhir-akhir ini memang banyak drop. Sudah berkali-kali dilaporkan, dan berkali pula ditengok dan diperbaiki (katanya). Sering turun di bawah 190v. Akibatnya AC jadi tidak bisa dingin dan beberapa komputer di lab kami sering restart sendiri. Dalam situasi seperti ini dapatkah kita - sebagai konsumen PLN - melakukan tuntutan secara materi maupun hukum jika peralatan listrik kami jadi tidak berfungsi optimal atau rusak kepada PLN? Bukankah listrik yang dijual PLN adalah listrik dengan tegangan 220v? Mohon penjelasan Suhu.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  26. Ha..ha..ha..
    Pertanyaan anda ini mungkin tidak relevant dengan artikel ini, karna pertanyaan anda mengacu ke ranah hukum. Tapi sekedar informasi akan saya jawab sebatas
    pengetahuan saya saja.

    Pada dasarnya segala sesuatu yang dapat merugikan orang lain, baik secara individu maupun kelompok, dapat dimintakan keadilannya, melalui jalur hukum.
    Kecuali tuntutan tsb jelas2 menyalahi Undang2. Dan untuk Hal ini
    sebelum anda melangkah lebih jauh, sebaiknya anda baca dulu dengan seksama bunyi perjanjian / kontrak antara konsumen dan PLN ( surat ini biasanya disodorkan pada saat pertama kali anda mendaftar ke PLN ).
    Jika dalam butir2 perjanjian tersebut, ada celah bahwa PLN dapat di tuntut. ya silahkan saja anda hubungi LBH, atau Pengacara. untuk melakukan penuntutan.
    tapi jika kemungkinannya kecil, sebaiknya batalkan niat anda. karena jika anda memaksakan, yang rugi anda sendiri.

    Ok jawaban yang simpel ini. semoga dapat menjadi pertimbangan buat anda.
    Tks.

    BalasHapus
  27. mas alkon saya klo d colok ke listrik gk mw mutar.
    klo diputar pake jari, kekanan muterny ke kanan. ke kiri muternya kekiri.
    gmn solusiny mas
    alkon nya ada 3 kabel
    merah, abu2, itam
    kabel abu2 kepasang ke satu kabel kapasitor.
    kabel merah kepasang k satuny kabel kapasitor lanjut ke satu kbel listrik.
    kabel itam lgsg ke satu kabel listrik.

    gmn ni mas. mohon arahanny
    makasi sebelumnya

    by: Adi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Adi, jawaban buat anda sebetulnya sudah ada pada balsan saya dalam komentar2 lain. Tapi secara singkat begini.
      gulungan Kawat yang ujungnya menyatu dengan Capacitor itu bertindak sebagai Starter. jadi kalau gulungan itu putus atau konslet, atau juga Capacitor menjadi kering atau jebol. maka akibatnya seperti Cerita sampean .

      Hapus
  28. mau tanya nih mas.....

    saya pake mesin las inverter ( lakoni ) 900 watt dengan daya 1300 watt ( 6 A ) tpi kok masih sering mati pada MCB nya ?
    apa bisa stabil hanya dengan memakai stabilizer ?
    apa bisa kapasitor elko nya ( 820 uf 400 v ) diganti

    BalasHapus
  29. Mohon bantuannya gan.
    Listrik dirumah saya sudah hampir 1 bulan mengalami masalah, dan saya sudah lapor ke pihak terkait namun sampe saat ini blm jga ada tanggapan.
    Masalah yang menimpa saya yaitu listrik turun hingga 80v tegangannya jika diberi beban, namun jika tidak diberi beban voltase listrik normal 220v, akibatnya semua perangkat listrik dirumah saya tidak bisa difungsikan, apalagi yg bersifat motor penggerak.
    Masalahnya sudah saya temukan, yaitu jala2 dari PLN hanya (L) saja, sedangkan (N) putus, saya sudah coba membuat (N) sendiri dengan menancapkan batang tembaga di tanah lembab, ukuran tembaga diameter 0,5cm panjang 2m namun tetap saja tidak berfungsi normal, malah skarang saya coba pake stavolt namun hasil tetap gagal.
    Mohon pencerahan

    BalasHapus
  30. Maaf mas, kaka, abang, bapa, tuan, atau suhu ya enaknya.. Hee... :)
    Begini, saya mau tanya, kalo tegangan under voltage sampai 180 volt walaupun siang sama saja, paling cuma 190an paling tingginya..
    Kalo saya pake stabilizer, kira2 bisa menghemat pemakaian KWH meter ga yah, biar bisa menghemat pembayaran ke PLN..
    Terima kasih

    BalasHapus
  31. Maaf mas, kaka, abang, bapa, tuan, atau suhu ya enaknya.. Hee... :)
    Begini, saya mau tanya, kalo tegangan under voltage sampai 180 volt walaupun siang sama saja, paling cuma 190an paling tingginya..
    Kalo saya pake stabilizer, kira2 bisa menghemat pemakaian KWH meter ga yah, biar bisa menghemat pembayaran ke PLN..
    Terima kasih

    BalasHapus
  32. mas agus mau tanya saya punya masalah pada power inverter ,pada saat input 24 v saya masukan tiba2 manjadi 12 v , trus output ac yang seharusnya 220 menjadi 110 , cara atasi gimana ya mas. makasih atas infpnya

    BalasHapus
  33. mas agus saya mau tanya , power inverter saya masukan dc 24v kk berubah jadi 12 v, trus outputnya yang seharusnya 220v menjadi 110 v , gmn cara atasinya ya mas . makasih atas infonya

    BalasHapus
  34. mas agus mau tanya saya punya masalah pada power inverter ,pada saat input 24 v saya masukan tiba2 manjadi 12 v , trus output ac yang seharusnya 220 menjadi 110 , cara atasi gimana ya mas. makasih atas infpnya

    BalasHapus
  35. Mas AC saya pada saat tertentu mati hidup dan pada saat yg bersamaan lampu saya seperti berkedip. Apa dg menambah kapasitor akan dpt mengatasi lampu rumah yg berkedip? Bgmn cara pasangnya?.

    BalasHapus
  36. Mas stabilizer dirumah saya output bisa sampai 250v kenapa ya...? Biasanya hanya sampai 220 v trims atas jawabannya

    BalasHapus
  37. Mas stabilizer dirumah saya output bisa sampai 250v kenapa ya...? Biasanya hanya sampai 220 v trims atas jawabannya

    BalasHapus
  38. permisi mas,kemarin sy msng stabiliser 7500kva, daya listrik16ampere,stelah sys sambung kk meteran turun, meteran klau d nyalakan kontan njeglek trus...klau metereran d nyalakan bru stabilizer nyalakan nggak njeglek. trims.

    BalasHapus
  39. bang, mo tanya kalo warnet isi 11 pc, sering dwon listriknya sebaiknya dikasih kapasitor ukuran brp? atau ada cara lain?

    BalasHapus
  40. mas agus....
    saya hafiz.. mau bertanya ni...
    di rumah saya listriknya turun hingga di bawah 180 v sudah pakai stabilizer yang 5000 VA pun tetap sama hasilnya...
    bagimana solusinya mas ... apakah saya harus memakai kapasitor,?
    berapa nilai kapasitor yang harus saya pakai?
    tolong di balas ya mas agus...
    trimakasih

    BalasHapus
  41. Saya punya showcase/kulkas 325w daya pln 450w.. Kalo pada saat menyalakan pertama kali ok tp 15 menit listrik turun/jeglek bagaimana mengatasinya dengan capasitor,pemasangannya disebelah mana.. Daya 450 hanya untuk menghidupkan kulkas ini aja. Terimakasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat balasan untuk Hafiz. Tks

      Hapus
  42. Ma's baguskah saya mengunakan slow start up untuk kulkas Dan kipas angin turbine ditempat kost saya,,mengingat listrik selalu putus kalau nyalakan awal,tetapi bila Sudan Japan semuanya Lancar...(listrik di tempat saya hanya 450watts) terima kasih sebelumnya atas pencerahannya.

    BalasHapus
  43. Hafiz, maaf ya baru balas. Betul. pakai Capacitor sebagai Power Bank, cuma nilainya tergantung pada Peralatan apa yang mau dibantu, kalau untuk menstabilkan kulkas, mungkin nilai kapasitor sekitar 1500 mfd/250v atau lebih. semakin besar nilai micro faradnya semakin bagus. Ok tks.

    BalasHapus
  44. Mas bro saya mau tanya ni.
    Saya punya stabilzer 3000watt sama 5000wtt.
    Saya mau menggabungkan wattnya.
    Tolong

    BalasHapus
  45. Nama sy Biliy..mohn info'y ya
    Sy punya masalah dgn listrik sy yg ada di benkel las sy,apa bila sy sedang mengelas/memotong menggunakan mesin cutting ko lampu di semua rmh tetangga yg satu tihang dgn sy berkedip...tpi klo menggunakan gerinda yg kcl ngga berkedip...moho solusi'y....

    BalasHapus
  46. saya senang sekali dengan artikel ini, sehingga banyak ilmu yg dapat saya serap, namun saya jg punya kendala karena mash banyak ketidak tahuan saya khususnya pada bidang listrik.

    Saya punya mesin penggerak 20PK dan Dynamo 10kwat, dengan pulley 2:1 (6'' pada roda gendg : 5'' pada Dynamo dengan alasan saya untuk pengurangan bbm, biar lebih Irit gan. yg saya ingin tanya kira2 apa tidak merusak salah satu perangkat tsb, karena pada tahap pembelian Pulley yg dipasang ukuran 1:1 atau 6'' pada Roda Gendang dan 6'' pada Dinamo, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  47. saya Melvin,.. Numpang nax Mas Broo...
    Tegangan di rumah saya 220 V, artix normal aja kan, tp pd saat menghidupkan pompa air, tiba2 tegangan berubah menjadi 118 V, dan mesin pompa lambat skali putaranx....kra2 apa masalahx mas broo

    BalasHapus

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi