Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Selasa, 10 April 2012

Memutuskan hubungan Listrik dari Shutdown

Zaman dulu Kalau orang mau menghidupkan / mematikan komputer harus menekan tombol switch On/Off secara manual. Berbeda dengan Komputer sekarang, dimana Power On komputer sudah menggunakan sistim switch electronic. Karena dengan sistim ini komputer bisa di hidupkan dan dimatikan dari jarak jauh, asalkan komputer terhubung ke kabel telepon atau modem. Menyenangkan bukan? Tapi .....

Apakah kemudahan atau rasa menyenangkan itu tidak membawa dampak..?
Wow.. tentu saja ada dampaknya, yaitu dalam hal
Pemakaian listrik . Karena pada umumnya, setelah kita men Shutdown komputer kita merasa urusan sudah selesai, padahal listrik masih tetap mengalir ke monitor yang dianggap ikut mati. Jadi bagaimana agar saat kita melakukan shutdown komputer hubungan listrikpun terputus, baik yang ke monitor maupun yang ke peralatan lain. "Ok lah kalo begitu" , mari kita kutak katik sedikit bagian power suplainya.

Pertama kita melepas semua Jekplug Power suplay dari mainboard, kemudian lepaskan baut bautnya dan keluarkan dari casing komputer. setelah itu buka tutup Power suplay hingga nampak seperti ini :



Untuk lebih jelasnya, kita lihat schematic dibawah ini :

Schema%2BRelay

Dengan sedikit rangkaian tersebut, maka setiap kali komputer di shutdown, Monitorpun akan Off total, begitu juga peralatan printer, speaker aktive, dll. asalkan ikut pada sambungan yang sama.Dengan begitu anda tidak perlu lagi meng Off sana sini, dan yang paling penting anda bisa Menghemat listrik .

Ok..Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi anda. Dan Jika ada yang bisa saya bantu dari keperluan diatas, silahkan komen atau hubungi via email. Insya Allah saya akan bantu baik teori atau prakteknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi