Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Sabtu, 28 April 2012

Cara Membentuk Sambungan Pipa Paralon

Kalau ada pertanyaan, mengapa Produsen atau Pabrik Pipa paralon hanya membuat sambungan paralon yang standar saja. tidak membuat sambungan Type lain, selain Leter T, Silang, Leter L dan Lurus. Jawaban yang mungkin dijadikan alasan adalah, diluar type itu kebutuhan untuk sambungan pipa sangat jarang. Jadi Kalau produksi model yang bukan standar, akan rugi.

Lalu bagaimana kalau kita membutuhkan sambungan paralon diluar dari type/model standard tersebut. seperti sambungan melengkung 45 drajat atau 135 drajat, dan sebagainya. Untuk kebutuhan seperti itu, tentu saja harus kita sendiri yang membentuknya, dan caranya adalah :

- Buatlah bahan pembentuk paralon dari papan kayu atau bahan lain yang mudah dibentuk. bentuklah bulat atau setengahnya, dan bagian pinggir papan dibentuk cekung, seperti terlihat pada gambar dibawah:



- ambil sepotong paralon ukuran 1/2 in, atau 3/4 in. Tutuplah bagian ujung paralon, dengan plastik dan diikat dengan karet. Tujuannya agar saat paralon dibentuk (di Press) tekanan udara didalam paralon tidak keluar sehingga paralon tidak gepeng.
- sediakan pelita atau lilin, dan pangganglah paralon tersebut sampai terlihat agak lunak. Letakan paralon dipinggir kayu pembentuk sambil dipress agar membentuk sudut seperti yang kita inginkan, tahan beberapa menit sampai paralon dingin. Sebenarnya tanpa papan kayu pembentukpun bisa dilakukan, tapi hasilnya kurang memuaskan, pada saat dibentuk paralon jadi gepeng.

Ok, semoga trik Yang gampangan (tapi sering terlupakan) ini bermanfaat bagi anda yang kebetulan membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi