Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Senin, 09 April 2012

Cara menyambung kabel yang aman

Pertama yang harus saya sampaikan pada tulisan ini adalah bahwa, tulisan ini ditujukan bukan untuk para proffesional yang bergerak dibidang kelistrikan. Tulisan 'Cara menyambung kabel yang aman' ini hanya diperuntukan bagi mereka yang secara kebetulan akan melakukan penyambungan kabel listrik yang bersifat semi permanen. seperti menyambung kabel setrika, kabel Roll, Kabel salon speaker dsb.

Karena menurut pengalaman saya, sering-sering kecelakan akibat listrik bukan akibat dari hasil kerja profesionalis, tapi justru dari para amatir yang melakukan penyambungan dengan teori yang salah, yang dikerjakan secara tergesa. Baik kita langsung saja melihat teori secara visual (gambar).



Sambungan profesional seperti ini (dengan clam dan isolasi husus), secara teori salah, Karena simpul sambungan sangat sejajar, bisa jadi jepitan clam kurang kuat dan sambungan lepas maka yang terjadi korsluit. Apalagi kalau untuk keperluan yang tidak permanen, seperti penyambungan yang dilakukan dengan mengikatkan kabel tanpa clam atau solder. tentu resikonya akan lebih besar lagi. secara teori sambungan yang benar adalah. lihat gambar :



dimana kabel terbuka antara dua kabel, tidak sejajar. Apalagi kalau diisolasi dengan isolator husus.
Dengan cara seperti ini, meskipun sambungan tertarik dan lepas, korsluit listrik tidak akan terjadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi