Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Sabtu, 14 April 2012

Mengatur Warna RGB TV dan Monitor

Mungkin ada di antara pemilik TV yang merasa Warna pada gambar Televisinya tidak pas, mungkin kemerahan, kebiruan atau bahkan warnanya terpisah. Hal itu terkadang disebabkan karena adanya penurunan nilai komponen pada bagian Modul RGB(Red,Green,Blue). atau cincin perangkap magnet.

Sebenarnya tulisan ini sudah banyak dikupas secara panjang lebar oleh rekan bloger lain, tapi karena ulasan yang begitu detail, panjang lebar, sampai nampak seperti pelajaran anak sekolah. Maka Orang awam malah jadi bingung.
Menurut saya, kalau Pesawat Televivi anda memperlihatkan gejala seperti itu, dan anda bukanlah termasuk orang yang GapTek. Maka tindakan yang pantas dicoba adalah, buka Tutup bagian belakang TV atau Monitor dan periksa bagian Modul RGB ( PCB yang melekat pada ujung tabung), seperti gambar dibawah ini:




perlu di ingat..!! pada bagian ini ada tegangan listrik yang cukup tinggi, jangan menyentuh secara langsung.


Caranya, cari komponen yang biasa disebut dengan nama Trimpot, lihat gambar.



Kemudian perhatikan tulisan di papan PCB persis dibawah kaki trimpot. biasanya bertulisankan R,G,B. Aturlah (Set Ulang) posisi trimpot dengan cara memutar ke kiri atau ke kanan dengan menggunakan obeng. Sebagai contoh, jika warna TV kemerahan, aturlah posisi trimpot yang bertuliskan "R" ke arah pengurangan. dan seterusnya.

Namun Sebelum anda melakukan pengaturan warna tersebut diatas, sebaiknya anda hidupkan TV, aturlah volume warna se minimal mungkin, sampai terlihat hitam putih.
Demikian Ulasan singkat tentang Mengatur Warna RGB TV dan Monitor.
semoga saja ada manfaatnya.

9 komentar:

  1. Wah ini yg kucari, sangat jelas sekali postingannya

    BalasHapus
  2. blog pelit hpus sj tidk bisa dikopi makan sendiri ilmumu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri" insan yg punya penyakit hati ya begini ini. Tinggal dibaca aja dan praktekan langsung. Malah ribet" mau di copy + mengumpat.

      Hapus
  3. atas ane mulai lelah... :v tq bos!!! jelas banget

    BalasHapus
  4. wah telat informasinya.ane tadi serpis hgb habis 130

    BalasHapus
  5. untung saya baca di internet jd tau cara mengaturnya tanpa ngeluarin biaya makasih gan buat penjelasanya,,sangat membantu,

    BalasHapus
  6. Tapi tv sekarang (tabung plat) ga ada trimpot nya, hatus dg sermod

    BalasHapus

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi