Silahkan Pilih Warna Yang Anda Sukai Untuk Kenyamanan Mata Anda

Ganti Warna Teks Yg Sesuai

Selasa, 10 April 2012

Mengatasi Listrik Yang Turun Tegangan

Kalau Listrik PLN mati, kata penyanyi namanya.. Mati lampu. Kalau nggak sabar ya beli Genset. terus tiap mati lampu nyalakan pakai Genset. Tapi Kalau Listrik Tegangannya turun, dimana tegangan yang seharusnya 220v, Tegangan turun menjadi kurang dari 180v. Itu baru masalah.

Dimana Letak masalah akan timbul ?. Biasanya Kalau tegangan listrik turun melebihi kurang dari 180v. yang paling dirasakan akibat dari kondisi seperti itu adalah pada peralatan listrik yang menggunakan Motor Penggerak Dynamo. Seperti AC, kulkas, Mesin Pompa, mesin cuci dll.

Pada konsisi seperti itu, Kulkas, AC yang akan restart, akan mengalami Overload. Meskipun komponen overload ini dirancang untuk mengamankan terjadinya sepool dynamo terbakar, akan tetapi kalau komponen overload ON/OFF secara terus menerus. maka tidak ayal lagi, kalau bukan overloadnya yang rusak, tentu spool dynamo nya yang terbakar. Lebih parah lagi bagi Mesin Pompa air dan Mesin Cuci. Karena kedua mesin ini biasanya dipakai oleh penggunanya melebihi batas ketentuan.
sebagai Contoh, mesin pompa air yang kekuatan tenaganya 100w/220v, atau sama dengan kira-kira 0,8 PK dengan ketentuan tenaga hisapnya hanya sampai kedalaman 9m s/d 10 meter, tapi,karena kandungan air dalam tanah jauh, maka oleh pengguna ditambah pipa sampai 15m. Sehingga tenaga yang dibutuhkan melebihi batas. Pada tegangan listrik berada pada 220v atau 230v. Maksud pengguna dapat tercapai. Tapi kalau tegangan listrik turun sampai dibawah 180v. Dan mesin Pompa tidak disertai pengamanan Thermal (semacam overload, alat ini dianggap sebagai assesori sehingga keberadaannya pada mesin pompa relatif). mesin pompa dapat terbakar.

Untuk Mengatasi kondisi kelistrikan seperti tersebut diatas adalah dengan cara membuatkan bank capacitor. yaitu rangkaian capasitor yang di sambung secara paralel. Dan diletakan sedekat mungkin dengan dynamo. Menurut fungsi dan sifatnya, capasitor ini akan mengkondisikan tegangan listrik sesuai nilai capasitas dari komponen tersebut. contoh, capasitor yang mempunyai nilai 350v, ketika dialiri listrik dia akan menyimpan (sesaat) tegangan listrik hampir 300v. Dan tegangan Amper sesuai nilai Micro Farad nya. Kaitannya dengan Dynamo ini adalah Watt nya. Semakin besar Watt (tenaga) dynamo maka semakin besar juga penggunaan ampernya (micro faradnya).

Capacitor yang dimaksud disini adalah bukan kapasitor yang sudah ada (nempel) pada tiap-tiap dynamo peralatan. Karena kapasitor yang disertakan pada tiap-tiap dynamo mempunyai tugas menggerakan arah putaran dynamo. Dan disini saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar cara kerja dynamo dan kapasitor.

Bank CapacitorBank Capacitor

Yang pasti dengan menggunakan Bank Capacitor, sedekat mungkin dengan Dynamo, maka turunnya tegangan listrik akan terbantu. sebagai ilustrasi, jika mesin pompa air tenaganya 100 watt, maka sebaiknya dibuatkan rangkaian Capacitor dengan besaran volt 350v dan nilai faradnya 100 mfd, bisa terdiri dari 3 capacitor 30 mfd diparalel. Dan kapasitor yang saya maksud disini adalah kapasitor non polar atau kapasitor ac, bukan kapasitor DC yang biasa disebut Elco.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan nggak kesetrum.

157 komentar:

  1. mohon petunjunya ya suhu.....
    klo diynamo star'a lambat apa yg rusak suhu.. :)
    diynamo saya 1 hp 0,75kw/220v

    BalasHapus
  2. Terimakasih, Mas Ikang Rahman atas kunjungan anda.

    Dynamo 1 hp atau 1 pk = 750 watt, biasanya sudah menggunakan Rotettor untuk start, dimana spool help nya diparalel dengan capasitor yang nilainya diatas 150uF/350vol. Kalau pada start pertama tidak bisa memutar secara penuh (putarannya lambat) maka putaran selanjutnyapun akan lemah, atau bahkan menurun. Karena koneksi spool help sudah terlepas. Berbeda dengan dynamo-2 kipas angin yang spool helpnya secara kontinue tersambung ke listrik.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat mencoba menaikkan kapasitas(nilai) capasitornya.
    Kira2 itulah yang saya tahu, semoga berhasil.
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan aku ada alatnya pengaman listrik dari turun naik tegangan, berbasis mikrokontroler dan tegangan ambang batas bawah dan batas atas dapat di seting dengan tampilan seven segmen.kunjungi www.rangkaianskemaelektronika.blogspot.com

      Hapus
  3. Yg saya tahu,kapasitor hanya utk kuatkan faktor daya, bukan naikin tegangan,dari pengalaman saya,tegangan drop krn korosi/kendor pd terminal kabel utama PLN, bisa jg kurang kuat bagian grounding,lebih oke beli ground yg bagus,tancep yg dlm ato dkt tmpt lembab/basah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya saya mohon maaf karena terlambat menjawab. dan terimakasih atas kunjungannya.

      Untuk menjawab Pertanyaan anda, saya tidak akan menguraikan jawaban secara ilmiah,
      karena masih banyak diantara kita yang masih awam tentang cara kerja sistim elektronik.
      salah salah nambah bikin bingung.
      Pertama yang dimaksud "Mengatasi Listrik Yang Turun Tegangan" dalam artikel ini ialah :
      Pada saat tegangan listrik PLN turun dari 220v menjadi 180v atau kurang dari itu, biasanya
      peralatan lIstrik yang menggunakan Motor Dynamo, seperti Mesin Pompa air, Kulkas, tidak kuat narik
      dan yang menyebabkan Overload. dengan adanya Bank capacitor ini, suplay listrik secara konstan
      sesaat dapat diperoleh dari listrik yg tersimpan didalam Capacitor (Capacitor Electrolit).
      Kedua, seperti kita ketahui bahwa semua komponen elektro yang dapat menyimpan listrik, seperti
      accumulator, Capacitor dengan voltase sesuai ketentuan sel yang dimilikinya atau capasitasnya.
      sebagai contoh, Accumulator(aki) yang ber voltase 12 volt, meskipun anda charg dengan 10 volt,
      aki tersebut akan tetap mengeluarkan 12 vol, begitu juga dengan Capacitor Electrolite, disaat
      yang hampir bersamaan yaitu pada saat pengisian dan pemakaian dia akan mengkontribusikan
      tegangan listrik sesuai nilai Microfarad dan capasitas voltage nya. dengan satu syarat, pemasangan Bank capacitor tidak jauh dari peralatan listrik yang dibantu.
      Dengan jawaban secara umum ini, mudah2 an dapat dimengerti. dan terimakasih atas kritiknya.

      Hapus
    2. Kalu untuk nambah foltase ac 3/4 gimah mas caraya..

      Hapus
    3. Mohon maaf sebelumnya atas pertanyaan saya apabila terlalu mendetail " apabila posisi tegangan listrik Drof/overload
      di bawah 180 Volt atau 150 Volt (Spaneng istilah di kami) Untuk kerja Bank capasitor tersebut bisa menormalkan tegangan sampe 220 Volt? dan apabila tegangan Overload sapai 1 hari apakah kerja Bank capasitor tsbt akan tetap normal menghasilkan tegangan 220 Volt? mohon maaf saya sangat mmbutuhkan kemurahan hati anda untuk menambah pengetahuan saya. terimksih

      Hapus
    4. Sekarang ini sy pake dinamo club1,5 hp dan masalahnya sekrang kalau di panel dihidupkan voltasenya turun dari 220 turun 130vol terus ampernya mentok sampai 20 tolong infonya๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

      Hapus
  4. q awam tentang elektro& pingin belajar. tp hingga saat ini tetep aja mumet kepala q......

    BalasHapus
  5. mau tanya bos,tegangan listrik di rumah saya 165 v sehingga kulkas saya gak kuat ngangkat atau over load, saya sudah pakai stabilizer tapi tetep ga kuat ngangkat atau masih over load, apa perlu saya pakai kapasitor, mohon solusi nya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Iwan Saputra, Kalau tegangan listrik dirumah anda turun melebihi batas toleransi, apa yang anda lakukan sudah betul ( menggunkan stabilizer ). Karena penggunaan Capacitor hanya effisien jika naik turunnya tegangan listrik masih dalam batas toleransi yaitu antara 180v atau 200v. Dimana seharusnya voltase listrik 220-230. Dan kalau sudah menggunakan Stabilizer masih juga tidak ngangkat, mungkin pilihan stabilizer yang anda gunakan yang kurang baik. Gunakan Stabilizer yang Otomatis, yang jangkauan voltasenya lebih tinggi + ampernya tinggi pula.

      hanya itu saran yg dapat saya berikan, untuk kondisi listrik dirumah anda.
      Terimakasih.

      Hapus
  6. mau tanya mas,...
    fungsi kapasitor 10mf/450v buat apa ya?
    ini didalam genset1000 watt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ari, Kalau mau mengetahui fungsi kapasitor, itu mesti melihat dimana kapasitor itu difungsikan bahkan Type kapasitor itu sendiri apakah non polar atau bipolar. Karena genset itu sendiri bermacam2 type dan merek, dan terkadang ada tambahan fungsi2 lain, kalau melihat ukuran nilai kapasitor yang anda sebutkan, kemungkinan untuk baypass (meredam induksi).

      Hapus
  7. wah mksh atas ilmuny...mg2 bnyk yg pd mengerti tentang elektronic..

    BalasHapus
  8. saya mau nanya nih mas,apakah bisa rangkaian sperti yg saya maksud di bawah ini bisa nambah daya dari 900 ke 1300 atu lebih :
    1. jadi listrik dirubah ke DC (menggunakan travo las kecil/900watt) lalu dikembalikan lagi ke arus AC/inverter dgn hasil daya lebih tinggi?
    2. atau AC-charger-ACCU-inverter ?
    Thanks mas bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh,.. trik sprti ini saya blm pernah noyba mas..!, jadi saya blm bisa jawab skarang. ok..

      Hapus
    2. bisa, tapi hati-hati dengan inverter di pasaran. inverter yang murahan tidak bisa menghasilkan listrik AC dengan gelombang sinus. dan harus etap pakai accu. konsep ini sama seperti kelistrikan pada mobil

      Hapus
    3. Menurut sepengetahuan saya,... Ketika Sumber utama terdiri dari 1 sumber saja,
      Daya kan selalu tetap mas, akan sama dengan nilai sumber utamanya.
      Inverter hanya pengubah jenis arus saja.
      Yang akan berubah hanyalah arus dan tegangan,...
      Ketika Arus yang dinaikkan, maka otomatis harus ada penurunan tegangan.
      Watt = Volt x Amperre

      Hapus
  9. Permisi mas,, aq mohon bantuan ni,, gmn caranya agar qt bs menambah daya hisap & daya buang pada dinamo air,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya Hisap dan daya buang motor Listrik (dynamo) untuk pompa air, itu kan sudah ditentukan oleh pabrik, yang kaitannya adalah dengan penggunaan Watt Listrik.
      Kalo dynamo pompa air, tertera di labelnya, Penggunaan Listriknya 100 Watt. dengan daya hisap 12 meter, di akalin seperti apa pun, toleransinya tidak akan jauh dari yang sudah ditetapkan. Kecuali jika memang ada kemungkinan, bisa di gulung ulang, dengan kawat tembaga yang lebih besar diameternya. baru bisa tercapai dua kali dari sebelumnya.

      Kecuali, jika pompa tsb, setelah lama dipakai, tenaganga menurun, maka solusi yang bisa anda terapkan adalah :
      1. ganti impeller (kipas/baling2) yg berfungsi menghisap. atau Tutupnya anda ganti.
      karena sering2 tutup impeller, aus oleh gesekan2.
      2. Ganti atau Tambah Capasitornya.

      Ok mudah2an itu dapat membantu.

      Hapus
  10. Gan kalo capasitor genset 24 mf 400 volt 2 buah..mau saya pasang di generator 3000 watt bisa gk..?masangnya gimana y gan..? dipararel itu makstnya apa dari kaki capasitor 1 di ambil 1 jalur ke generator terus dari kaki capasitor 2 diambil 1 jalur ke generator jga, dan yg satunya jalur kaki capasitor 1 dan 2 di hubungkan gitu ..?
    Maklum ane masih awam..
    Mohon pencerahanya..

    BalasHapus
  11. kulkas saya rusak. gara-gara tegangan naik turun.sering kali suaranya jeduk-jeduk. sekrang malah gak bisa on. bagaimana langkah selanjutnya?

    BalasHapus
  12. Pertama Saya ucapkan Terimakasih atas kesediaan anda mampir ke blog saya.
    Mengenai kondisi Kulkas seperti yang anda ceritakan itu,

    Langkah yang harus anda lakukan.
    1. Cabut Kabel kulkas dari Stop kontak listrik, kemudian anda lihat belakang kulkas, lihat pada komppressor bagian listrik (ada kotak persegi) yaitu bagian Over Loading. Pada bagian ini ada dua komponen, 1 buah gulungan dan 1 buah Over Heat. Over Heat ini aksinya sama seperti MCB listrik. dia bisa cepat rusak kalo sering Down / Anjlok.
    2. Copot dan ganti kedua komponen tersebut sesuai dengan PK kompresor.
    3. Kalau langkah kedua tidak berhasil. Putuskan pipa kapiler atau filternya. kemudian tes kompresornya dengan menyalakan / menancapkan Jek listrik ke stop kontak dan coba On kan. Jika kompresor bergetar, dan pipa mengeluarkan angin. itu berarti sudah bagus.
    tinggal urusan masukin gas freon (yg itu mungkin bagian tukang kulkas, kecuali anda punya peralatannya).

    Ok... bisa difahami..?

    BalasHapus
  13. kali ini saya ingin bertanya bagaimana seputar mesin air DAP 125 watt agar putaran mesinnya lebih rendah (slow)
    terimakasih untuk selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, sayang banget anda tidak menyebutkan nama, jd susah manggilnya.
      Begini mas "Anonim". Kebanyakan Orang menginginkan ke-maxsimum-an hasil, tapi anda justru menghendaki sebaliknya. Tapi mungkin karena sekedar bertanya.. ya boleh2 saja.

      Dynamo atau Motor Listrik, Putaran mesinnya( AS Rotetor) disesuaikan dengan jumlah lilitan, sementara kekuatan putarnya disesuaikan dengan besarnya diameter kawat tembaga, pengurangan Lilitan akan menyebabkan Putaran lebih tinggi disertai panas yang tidak normal. sementara penambahan lilitan akan mengurangi Putaran !. Pada Penambahan Lilitan ini, memang mesin jadi lebih awet, tapi kurangnya daya akan menjadi masalah.

      Untuk Hal tersebut diatas, anda dapat membuat Lilitan External sesuai kemauan anda, asal besar diameter kawat sesuai dengan yg ada dalam dynamo. Bisa juga anda gunakan bekas Travo 12v, atau 24v. dengan Amper 3A. Sereikan kawat skundernya ke ujung kawat Dynamo secara serial.

      Ok, semoga anda cukup puas dengan jawaban ini.

      Hapus
  14. Mau nanya Gan, ada ga ya alat pengaman ketika tegangan listrik naik/melebihi batas normal 220 volt.kalau ada apa namanya dan berapa harganya ya?
    mhn jawaban di cc kan ke asepsp@gmail.com

    mksih

    BalasHapus
  15. Saalam gan.. Saya oni

    mw nanya jika jetpump pake stabilizer 500watt kuat ga? Dan kalo stabilizernya d tambah power bank gimana gan? Mohon pecerahannya. Trimakasih

    BalasHapus
  16. Mas BURUNGNYA suka nutup nutupi sembelih aja mas....mo tanya berapa harga kapasitor untuk "mempertahankan" tegangan tsb mas dan berapa ukurannya bila alat listrik yang dipakai jetpump 750 watt . maturnuwun

    BalasHapus
  17. hari ini tegangan listrik di rumah saya turun antara 180-190an, kira2 penyebabnya apa y mas mohon pencerahannya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama saya ucapkan terimakasih ataskesediaannya mampir di blog saya.
      Penyebab Tegangan atau Voltase Listrik turun,itu dari banyak faktor. Tapi yang umumnya yaa.. adanya devisit suplay dari gardu, Jauhnya jarak Travo, Fluktuasi pengguna listrik ada pada puncaknya,artinya semua orang sedang berbarengan menggunakan listrik,sementara pasokan listrik tidak mencukupi.

      Kira2 begitu mas Fahrul.

      Hapus
    2. Ass..wr...wb,,,maaf nie mas agus,,,,mau nanya,,,,di rmh sy listrik 2.200 watt tp klo aq pake tuk mengelas gak mampu...pdahal aq hanya pake las inverter 900 watt/160 amper...solusi y gmn ya pak agus,,,,mohon pencerahan y,,,wslm.

      Hapus
  18. mas mau tanya ni saya udah pake stabilizer..napa kadang listrik output dihasilkan ga sampai 220v. cuma dpt 200 gt aja..padahal pemakaian di awal normal aja ni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Andik, makasih ya dah mampir...
      mengenai indikasi tegangan yang diperlihatkan stabilizer, itu mungkin kalibrasi stabilizernya saja yg sudah gak akurat,cobalah pakai Volt meter khusus. mungkin bisa lebih jelas. tegangan 200v, saya kira itu masih dalam jangkauan toleransi. Jadi kalau tidak menimbulkan masalah, ya jangan dijadikan masalah.

      Ok Gitu aje yaa. Tks.

      Hapus
  19. Permisi gan numpang tanyak
    saya ada masalah dengan listrik di tmpat saya dngn PC saya
    Awalnya PC saya, sya nyalain tanpa stavolt normal, kemudian setelah listrik sya down, pc sya gak nyalah lagi, dan tukang service PC nyaranin pakek stavolt, setelah sya pake stavolt PC sya normal lagi, tapi jarum pada stavolt nunjukin angka lebih dari 220
    dan sekarang setelah sya pindah tempat, PC saya gak mau nyala, dan waktu saya liat ternyata jarum stavoltnya nunjukkin angka 220
    gimana ya gan caranya biar PC ane nyala lagi, padahal semua komponen PC sya normal karena sudah di tes,,apakah ini ada hubungannya dengan listrik di tmpat saya?dan gimana cara mengatasinya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Agung.., Beda lokasi terkadang beda juga kesetabilan listriknya..!!
      jadi sebelum mas Agung menggunakan Stabilizer atau Starvolt ( ha..ha..istilah ini saya baru dengar nih), sebaiknya gunakan saja dulu sebagaimana seharusnya.
      Kalau memang membutuhkan Stabilizer atau Step Up, baru anda pakai. Karena tidak semua peralatan tsb, dibuat serba automatice, Starvolt / Stabilizer / step Up, yang
      kelas menengah, terkadang hanya bisa menaikan tegangan pada saat volt listrik drop.
      tapi pada saat volt naik, dia tidak automatis turun. Umpama :
      pada sore hari voltage listrik 180volt, trus anda pakai peralatan yg kelas menengah tsb.
      dan tegangan listrik jadi 210volt.(Baguslah). Tapi pada jam 12 malam, mungkin listrik
      akan naik, karena berkurangnya pemakai. kalau anda masih pakai alat itu, tegangan bisa naik jadi 240 s/d 250 (bahaya).
      Kecuali alat Sartvolt yang anda maksudkan, bekerjanya hanya sesaat (pada Startnya saja). Ok ya, coba baca komen2 lainnya, saya kira ada yang sama, silahkan disimak.

      Hapus
  20. Saya mau tanya,saya baru beli kulkas tapi kenapa listrik dirmh saya jd sering turun,minimal sehari pasti turun padahal listrik dirmh saya 900 watt,sedangkan kulkasnya cm 70 watt dan saya tidak pakai mesin cuci,ac atau yg lainnya. Mohon bantuannya kira2 dmn letak kesalahannya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Wurry atas kunjungannya. Sebelum saya menjawab, saya mau pastikan
      apakah betul kulkas anda cuma 70 watt..? karena jarang sekali ada kulkas dibawah 100 watt. Kalaupun ada saya yakin start Up nya pasti lebih dari 200 watt.
      pertanyaan saya yang kedua,apakah kulkas anda termasuk yang menggunakan GasFreon atau gas lain.?
      Untuk jaawaban singkatnya, coba anda gunakan beberapa Capacitor yang diparalel dengan nilai 250Uf dengan voltage 300v.

      Ok semoga berhasil.

      Hapus
  21. maap baru belajar,, tu kapasitornya bole d pasang bolak-balik apa ada + dan - nya?? thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. capacitor untuk keperluan itu adalah yang berjenis non polar, artinya gak ada + atau - nya. jadi boleh2 saja dipasang bolak / balik.

      Hapus
  22. mas.. kalau ac sudah pake stop kontak yg lobang 3 yang ada sekringnya..apa sudah aman terhadap tegangan yg naik turun??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Gigih, yang namanya Stop kontak fungsinya yaa.. untuk menyambung antara perangkat dan Listrik, tidah lebih dari itu meskipun ada ketambahan sekring. Jadi Bukanlah Pengaman naik turunya tegangan. tetapi pengaman terhadap jika terjadi korslet(hubung singkat).

      Hapus
  23. mas wnet sy ac ny ga dingin, out doornya ga jln. d cek sm tehnisi ac voltasenya 180.. dsaranin pakai stabilizer. baiknya gmn ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang dirasa perlu, kenapatidak. Memang terkadang Penurunan voltage walau sedikit pada peralatan tertentu sangat berpengaruh, seperti AC, karena AC lebih sering restart ketimbang kulkas. dan mana saat restart itu membutuhkan tenaga yg kuat, karena tekanan freon belum seimbang. Kalau voltase sedang ada pada 180 sementara AC restart.maka dalam beberapa detik tegangan disekitar anda akan drop hingga dibawah 140v. dan power suplay komputerpun tidak bisa berosilasi,hingga membuat komputerpun restart.

      Hapus
  24. salam kenal masbro,..saya punya genset dgn daya 650 watt,brp voltase stavollt yang harus saya pakai? Soalnya pernah saya pakai stavolt automatic 1500 dan terbakar.....mohon pencerahannya

    BalasHapus
  25. Selamat siang Suhu.
    Pasokan listrik PLN di sekolah kami akhir-akhir ini memang banyak drop. Sudah berkali-kali dilaporkan, dan berkali pula ditengok dan diperbaiki (katanya). Sering turun di bawah 190v. Akibatnya AC jadi tidak bisa dingin dan beberapa komputer di lab kami sering restart sendiri. Dalam situasi seperti ini dapatkah kita - sebagai konsumen PLN - melakukan tuntutan secara materi maupun hukum jika peralatan listrik kami jadi tidak berfungsi optimal atau rusak kepada PLN? Bukankah listrik yang dijual PLN adalah listrik dengan tegangan 220v? Mohon penjelasan Suhu.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  26. Ha..ha..ha..
    Pertanyaan anda ini mungkin tidak relevant dengan artikel ini, karna pertanyaan anda mengacu ke ranah hukum. Tapi sekedar informasi akan saya jawab sebatas
    pengetahuan saya saja.

    Pada dasarnya segala sesuatu yang dapat merugikan orang lain, baik secara individu maupun kelompok, dapat dimintakan keadilannya, melalui jalur hukum.
    Kecuali tuntutan tsb jelas2 menyalahi Undang2. Dan untuk Hal ini
    sebelum anda melangkah lebih jauh, sebaiknya anda baca dulu dengan seksama bunyi perjanjian / kontrak antara konsumen dan PLN ( surat ini biasanya disodorkan pada saat pertama kali anda mendaftar ke PLN ).
    Jika dalam butir2 perjanjian tersebut, ada celah bahwa PLN dapat di tuntut. ya silahkan saja anda hubungi LBH, atau Pengacara. untuk melakukan penuntutan.
    tapi jika kemungkinannya kecil, sebaiknya batalkan niat anda. karena jika anda memaksakan, yang rugi anda sendiri.

    Ok jawaban yang simpel ini. semoga dapat menjadi pertimbangan buat anda.
    Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernahkah ada org berterimaksih pada pln????

      Hapus
  27. mas alkon saya klo d colok ke listrik gk mw mutar.
    klo diputar pake jari, kekanan muterny ke kanan. ke kiri muternya kekiri.
    gmn solusiny mas
    alkon nya ada 3 kabel
    merah, abu2, itam
    kabel abu2 kepasang ke satu kabel kapasitor.
    kabel merah kepasang k satuny kabel kapasitor lanjut ke satu kbel listrik.
    kabel itam lgsg ke satu kabel listrik.

    gmn ni mas. mohon arahanny
    makasi sebelumnya

    by: Adi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Adi, jawaban buat anda sebetulnya sudah ada pada balsan saya dalam komentar2 lain. Tapi secara singkat begini.
      gulungan Kawat yang ujungnya menyatu dengan Capacitor itu bertindak sebagai Starter. jadi kalau gulungan itu putus atau konslet, atau juga Capacitor menjadi kering atau jebol. maka akibatnya seperti Cerita sampean .

      Hapus
  28. mau tanya nih mas.....

    saya pake mesin las inverter ( lakoni ) 900 watt dengan daya 1300 watt ( 6 A ) tpi kok masih sering mati pada MCB nya ?
    apa bisa stabil hanya dengan memakai stabilizer ?
    apa bisa kapasitor elko nya ( 820 uf 400 v ) diganti

    BalasHapus
  29. Mohon bantuannya gan.
    Listrik dirumah saya sudah hampir 1 bulan mengalami masalah, dan saya sudah lapor ke pihak terkait namun sampe saat ini blm jga ada tanggapan.
    Masalah yang menimpa saya yaitu listrik turun hingga 80v tegangannya jika diberi beban, namun jika tidak diberi beban voltase listrik normal 220v, akibatnya semua perangkat listrik dirumah saya tidak bisa difungsikan, apalagi yg bersifat motor penggerak.
    Masalahnya sudah saya temukan, yaitu jala2 dari PLN hanya (L) saja, sedangkan (N) putus, saya sudah coba membuat (N) sendiri dengan menancapkan batang tembaga di tanah lembab, ukuran tembaga diameter 0,5cm panjang 2m namun tetap saja tidak berfungsi normal, malah skarang saya coba pake stavolt namun hasil tetap gagal.
    Mohon pencerahan

    BalasHapus
  30. Maaf mas, kaka, abang, bapa, tuan, atau suhu ya enaknya.. Hee... :)
    Begini, saya mau tanya, kalo tegangan under voltage sampai 180 volt walaupun siang sama saja, paling cuma 190an paling tingginya..
    Kalo saya pake stabilizer, kira2 bisa menghemat pemakaian KWH meter ga yah, biar bisa menghemat pembayaran ke PLN..
    Terima kasih

    BalasHapus
  31. Maaf mas, kaka, abang, bapa, tuan, atau suhu ya enaknya.. Hee... :)
    Begini, saya mau tanya, kalo tegangan under voltage sampai 180 volt walaupun siang sama saja, paling cuma 190an paling tingginya..
    Kalo saya pake stabilizer, kira2 bisa menghemat pemakaian KWH meter ga yah, biar bisa menghemat pembayaran ke PLN..
    Terima kasih

    BalasHapus
  32. mas agus mau tanya saya punya masalah pada power inverter ,pada saat input 24 v saya masukan tiba2 manjadi 12 v , trus output ac yang seharusnya 220 menjadi 110 , cara atasi gimana ya mas. makasih atas infpnya

    BalasHapus
  33. mas agus saya mau tanya , power inverter saya masukan dc 24v kk berubah jadi 12 v, trus outputnya yang seharusnya 220v menjadi 110 v , gmn cara atasinya ya mas . makasih atas infonya

    BalasHapus
  34. mas agus mau tanya saya punya masalah pada power inverter ,pada saat input 24 v saya masukan tiba2 manjadi 12 v , trus output ac yang seharusnya 220 menjadi 110 , cara atasi gimana ya mas. makasih atas infpnya

    BalasHapus
  35. Mas AC saya pada saat tertentu mati hidup dan pada saat yg bersamaan lampu saya seperti berkedip. Apa dg menambah kapasitor akan dpt mengatasi lampu rumah yg berkedip? Bgmn cara pasangnya?.

    BalasHapus
  36. Mas stabilizer dirumah saya output bisa sampai 250v kenapa ya...? Biasanya hanya sampai 220 v trims atas jawabannya

    BalasHapus
  37. Mas stabilizer dirumah saya output bisa sampai 250v kenapa ya...? Biasanya hanya sampai 220 v trims atas jawabannya

    BalasHapus
  38. permisi mas,kemarin sy msng stabiliser 7500kva, daya listrik16ampere,stelah sys sambung kk meteran turun, meteran klau d nyalakan kontan njeglek trus...klau metereran d nyalakan bru stabilizer nyalakan nggak njeglek. trims.

    BalasHapus
  39. bang, mo tanya kalo warnet isi 11 pc, sering dwon listriknya sebaiknya dikasih kapasitor ukuran brp? atau ada cara lain?

    BalasHapus
  40. mas agus....
    saya hafiz.. mau bertanya ni...
    di rumah saya listriknya turun hingga di bawah 180 v sudah pakai stabilizer yang 5000 VA pun tetap sama hasilnya...
    bagimana solusinya mas ... apakah saya harus memakai kapasitor,?
    berapa nilai kapasitor yang harus saya pakai?
    tolong di balas ya mas agus...
    trimakasih

    BalasHapus
  41. Saya punya showcase/kulkas 325w daya pln 450w.. Kalo pada saat menyalakan pertama kali ok tp 15 menit listrik turun/jeglek bagaimana mengatasinya dengan capasitor,pemasangannya disebelah mana.. Daya 450 hanya untuk menghidupkan kulkas ini aja. Terimakasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  42. Ma's baguskah saya mengunakan slow start up untuk kulkas Dan kipas angin turbine ditempat kost saya,,mengingat listrik selalu putus kalau nyalakan awal,tetapi bila Sudan Japan semuanya Lancar...(listrik di tempat saya hanya 450watts) terima kasih sebelumnya atas pencerahannya.

    BalasHapus
  43. Hafiz, maaf ya baru balas. Betul. pakai Capacitor sebagai Power Bank, cuma nilainya tergantung pada Peralatan apa yang mau dibantu, kalau untuk menstabilkan kulkas, mungkin nilai kapasitor sekitar 1500 mfd/250v atau lebih. semakin besar nilai micro faradnya semakin bagus. Ok tks.

    BalasHapus
  44. Mas bro saya mau tanya ni.
    Saya punya stabilzer 3000watt sama 5000wtt.
    Saya mau menggabungkan wattnya.
    Tolong

    BalasHapus
  45. Nama sy Biliy..mohn info'y ya
    Sy punya masalah dgn listrik sy yg ada di benkel las sy,apa bila sy sedang mengelas/memotong menggunakan mesin cutting ko lampu di semua rmh tetangga yg satu tihang dgn sy berkedip...tpi klo menggunakan gerinda yg kcl ngga berkedip...moho solusi'y....

    BalasHapus
  46. saya senang sekali dengan artikel ini, sehingga banyak ilmu yg dapat saya serap, namun saya jg punya kendala karena mash banyak ketidak tahuan saya khususnya pada bidang listrik.

    Saya punya mesin penggerak 20PK dan Dynamo 10kwat, dengan pulley 2:1 (6'' pada roda gendg : 5'' pada Dynamo dengan alasan saya untuk pengurangan bbm, biar lebih Irit gan. yg saya ingin tanya kira2 apa tidak merusak salah satu perangkat tsb, karena pada tahap pembelian Pulley yg dipasang ukuran 1:1 atau 6'' pada Roda Gendang dan 6'' pada Dinamo, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  47. saya Melvin,.. Numpang nax Mas Broo...
    Tegangan di rumah saya 220 V, artix normal aja kan, tp pd saat menghidupkan pompa air, tiba2 tegangan berubah menjadi 118 V, dan mesin pompa lambat skali putaranx....kra2 apa masalahx mas broo

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada kesalahan pada mesin pompa nya. atau kabel penghubung lebih kelcil dibnding lilitan kawat emailnya. periksa juga capacitornya. apakah dalah keadaan betul?

      Hapus
  48. Mo nanya..listrik di rumah saya 900wat...tp detiap saya pakai ngelas listrik menggunskan inverter lakoni 900 wat..mcb kok trip terus...bsgai mana caranya supaya saya bisa saya gunakan ngelas dan tidak trip...apa perlu buat bank capasitor ? Trs berapa nilai capasitornya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang paling pasti, coba naikakn tegangan nya menjadi 1300 watt. karena tegangan 900 watt, out put nya belum tentu pas sseperti itu.tapi boleh dicoba dengan menggunakan bank capasitor, (tentu capasitornya yang banyak) dan listrik tidak dipakai untuk lainnya. ok trims.

      Hapus
  49. Mas numpang tanya...
    Bagaimana me maksimal kan kinerja dinamo 3 pk...karna tegangan di rumah saya hanya 213v,itu pun tidak stabil...klo di pasangkan capasitor bank...ukuran berapa ya yang cocok...dan berapa biji kapasitornya..? Terimah kasih atas bantuannya...

    BalasHapus
  50. Mas numpang tanya...
    Bagaimana me maksimal kan kinerja dinamo 3 pk...karna tegangan di rumah saya hanya 213v,itu pun tidak stabil...klo di pasangkan capasitor bank...ukuran berapa ya yang cocok...dan berapa biji kapasitornya..? Terimah kasih atas bantuannya...

    BalasHapus
  51. Mas numpang tanya...
    Bagaimana me maksimal kan kinerja dinamo 3 pk...karna tegangan di rumah saya hanya 213v,itu pun tidak stabil...klo di pasangkan capasitor bank...ukuran berapa ya yang cocok...dan berapa biji kapasitornya..? Terimah kasih atas bantuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa.. kalo listrik di daerah anda, tegangannya sangat jauh dari yang semestinya, ya bukan hanya capasitor bank, Coba naikkan dulu tegangannya, dengan travo step up, baru disambungkan dengan beberapa capasitor. ok tks.

      Hapus
  52. Selamat malam Mas Agus,
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas ilmu yang Mas bagikan kepada kami.
    Sebelum saya bertanya, mungkin Mas Agus bisa lihat tampilan pada youtube berikut : https://m.youtube.com/watch?v=uKX0CoGbECw
    1. Kira-kira, dinamo yg dipakai itu berapa Pk ya Mas?
    2. apakah 2 kapasitor yg nempel tsb adalah kapasitor Bank seperti yang Mas Agus Maksud? Dan berapa ukuran masing-Masing kapasitornya?
    3. Bagaimana cara membalikkan arah putaran dinamo?
    Terima kasih ya Mas Agus. Mohon bantuan dan informasinya sebab saya sangat membutuhkannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya 2 pk.
      ada dua kapacitor yg nempel pada dinding dynamo, itu bukan yang dimaksud.
      dua capasitor itu untuk membalikan putaran. tentunya dengan gulungan kawat tambahan. lihat gambar dengan jelas.

      Hapus
  53. Ass,,,,,mas sy mau nanya,,,saya punya pompa submersible merk franklin 2hp waktu masih baru putaranya jos &semburan airnya pun besar,,,,,tapi skarang putaranya lamban &airnya sama sekali tdak mau mengalir,,,,sya coba pake kpasitor 2 ukuran 50uf tp stlah sya ankat pompanya panas,,,,,apakah perluas saya pake 2 kapasitor kapasitor 2kapasitor run,,,,mohon penjelasanya mas.

    BalasHapus
  54. Ass,,,,,mas sy mau nanya,,,saya punya pompa submersible merk franklin 2hp waktu masih baru putaranya jos &semburan airnya pun besar,,,,,tapi skarang putaranya lamban &airnya sama sekali tdak mau mengalir,,,,sya coba pake kpasitor 2 ukuran 50uf tp stlah sya ankat pompanya panas,,,,,apakah perluas saya pake 2 kapasitor kapasitor 2kapasitor run,,,,mohon penjelasanya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak perlu pakai 2 capasitor. kalau putarannya lambat, menyebabkan panas. itu yang dicari sumber penyakitnya. apakah kelahernya (as)nya. atau gulungannya yang sudah sebagian gosong.. seabaiknya di bawa saja ke tukang service pompa.

      Hapus
  55. Selamat malam pa,saya mau tanya,saya punya kompresor angin pake Electro Motor
    ½ HP / 0.37 kW
    PHASE
    1
    FREKUENSI
    50 Hz
    POLE
    2/4
    VOLTASE
    AC 220 / 380 V
    FRAME
    80 L
    AMPERE
    4.4 A
    KELAS INSULATOR
    B
    KECEPATAN MOTOR
    2840/1420 rpm
    BERAT
    13 kg
    Yang saya mau tanya itu pake kapasitor bank yang type gimana ya,dan pake berapa banyak,maaf masih awam tentang kapasitor
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jenis yang dipake, jenis biasa sja. lebih banyak capasitor yang di pakai, akan lebih bagus.

      Hapus
  56. SIang mas agus , saya mau tanya , stabilizer saya belakangan ini output nya sering di angka 250vlt , apakah stabilizer saya rusak? Apakah bisa menyebabkan psu saya menjadi rusak? MAKasi mas agus

    BalasHapus
  57. SIang mas agus , saya mau tanya , stabilizer saya belakangan ini output nya sering di angka 250vlt , apakah stabilizer saya rusak? Apakah bisa menyebabkan psu saya menjadi rusak? MAKasi mas agus

    BalasHapus
  58. Mas agus saya mau tanya...knapa kulkas saya gakk kuat nyala sedangkan AC kuat...padahal listrik 1300 drumah...dr mana kita tau besar tegangan listrik drumah...sedangan adik saya rumahnya 900watt tp kuat untuk Ac dan kulkas...

    BalasHapus
  59. miso mas agus .mau tanya saya ad mesin air Celup. yg saya tanyakan mesinya melemah jadi jika d nyalakan d dalm air tedak menghentak.tpi jika d nyalakan d luar air dan kemudian d celup ke air mesin normal hentakan juga kuat. kira" itu kenapa ya? dan apakah bisa jika saya tambah kapasitor agar hentakan pertamnya lebih kuat.Mesin resun king daya 230 watt .thanks mas agus

    BalasHapus
  60. Salam, Mas
    Sy mau minta solusi. AC (Sharp) 1 PK di kamar tidak bekerja norma (TIDAK DINGIN) pada malam hari kira-kira mulai jam 18:30 hingga jam 22:30. Jika di atas ada solusi menggunakan stabilizer, jenis stabilizer apa dan berapa VA yang ideal untuk kasus saya ini?
    Terima kasih atas solusinya.

    BalasHapus
  61. Salam, Mas
    saya mau tanya bagaimana cara menambah tegangan listrik yang tidak stabil/naik turun pada lampu desa menggunakan mesin diesel 300 dinamo 15 kg. mohon balasannya di email saya budiarto.balut@gmail.com.terima kasih.budiarto

    BalasHapus
  62. Selamat malam mas Agus,

    Saya sedang menjalankan pompa 11 KW, Motor 3 phase. Sebelum menjalankan pompa saya chek tegangan di panel induk 385 V. Dan tegangan di panel saya +/- sama. Panel saya bekerja dengan star delta.

    1. Pada saat menjalankan pompa, pompa selalu Trip. saya cek tegangan menjadi +/- 340 V. (Ada rugi tegangan 45 V).
    2. Saya coba pompa dijalankan denga Genset 30 KW. Pompa berjalan Normal.

    3. Saya coba dengan menambah stabilizer 45 KVA di dekat panel saya.
    A. Sebelum pompa dijalankan : Input Tegangan = 385 V dan Output = 385 V
    B. Setelah pompa dijalankan : Input Tegangan menjadi = 332 V .... dan Output tegangan = 385 V. Tetapi pompa berjalan sepertinya hanya saat di "star" saja, setelah itu Pompa mati (sepertinya pada saat menuju Delta" - kontak putus).

    Tetapi kalau saya jalankan pompa dengan bypass lewat relay ... pompa hidup sampai ke Delta dan pompa berjalan normal.

    Pertanyaan :
    1. Kenapa pada saat saya pakai Genset, Pompa / Panel saya berjalan normal ?
    2. Kenapa pada saat saya menggunakan stabilizer, pompa hanya berjalan di Star saja ?
    3. Kenapa pada saat pompa saya jalanken dengan By Pass, pompa berjalan Normal ?
    4. Apakah output stabilizer yang menghasilkan 385 V adalah kamuflase output ?

    Mohon pencerahan pak Agus ?
    Terimakasih atas perhatian dan bantuannya.

    Salam,
    Nalis.


    BalasHapus
  63. Maksudnya di By Pass adalah saya jalankan pompa dengan membypass di relay (Menghidupkan pompa dengan bypass relay / tanpa lewat tombol star button.

    BalasHapus
  64. salam kenal mas agus
    saya mo tanya tentang listrik yang saya pernah temui :
    pernah da liat dan saya cek instalasinya juga tidak ada yang salah hanya saja tegangan mcb hanya 4 ampere tapi bisa menjalankan dynamo sebesar 3 pk 2 buah tapi piringan kwh hanya awal saja berputar kencang setelah dynamo berjalan piringan kwh tersebut kembali normal tidak berjalan kencang seakan-akan pemakaian listrik yang sedikit..bagaimana itu bisa dan mohon penjelasannya

    BalasHapus
  65. Mohon informasinya Mas Agus tegangan drmh sy 203-206V apakah masih dlm batas toleransi normal? Terima kasih, Adi Bandung

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. Selamat malam pak Agus,
    Saya ingin tahu apakah kapasitor bisa mengatasi tegangan listrik saya langsung drop sesaat bila pompa air dihidupkan, sehingga lampu meredup. Pertanyaannya apakah pompanya yg hrs dipasang kapasitor atau lampu-2 nya. Bagaimana cara mengetahui ukuran kapasitor yg tepat. Terima kasih. Irwan Bahar

    BalasHapus
  68. selamat mas agus ini rizal mau nx klok volt gg sampek 220 ini memang sdh dri plnx trs kalok gulung pompa air shimizu model 125 itu kawatx pkek yg ukuran brp trs jumlah lilitanx brp trmksih sblmx

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. mau nanya suhu...klu misalkan sy menggunakan prangkat sound sistem yg watt keseluruhan dr perangkat/asesoris 7000watt 220v brp nilai capasitor yg hrs digunakan...masalah.y klu tegangan turun dibawah 200v maka suara sound sound berubah jd cempreng dn semua perangkat sound jd over load...mohon saran dn masukan.y suhu...

    BalasHapus
  72. Maaf mas sy m tnya: stabilizer otomatis yg ukran brp untk mengatasi voltase naik turun? Meteran d rmh sy 10 ampere. Trims

    BalasHapus
  73. numpang tanya ilmu sushu, maklum masih awam ni. ane punya dinamo 1pk kira2 berpa kapasitor & ukuran berapa untuk mmbuat Bank Kapasitor? di pasaran kbanyakan kapasitor 450v yg 350v sulit. klo ada toko yg online rekomendasi sya suhu. thx sblumnya

    BalasHapus
  74. pak mhon solusinya, saya punya Genset 200 kva 3 phase,setelah saya ingin menggunakan sy lihat di indikator voltage nya tidak sama L1 384,L2 178, L3 381 dan sy yakini voltage di L2 turun, saya check ulang menggunakan DMM di kabel fasanya memang menunjukkan 178 Volt pada dasarnya S nya...yang mau saya tanyakan kira2 masalahnya dan letak kerusakan nya dimana pak...matur swunnn pak

    BalasHapus
  75. Mas mau tanya dong..
    Sy mau coba capasitor bank tp msh ragu mengenai berapa mf/volt Yg harus digunakan.
    Contoh: 10 mf = bisa memikul beban berapa watt?
    Seandainya sy mau pasangan capasitor bank pd kulkas 170 watt,pompa air 125 watt & AC 1/2 pk -/+ 300-450 watt
    Berapa banyak kapasitor Yg harus dipake pd masing2 perangkat terserah,beserta nilai mf & volt..
    Trims

    BalasHapus
  76. untuk capacitor 10mf, cukup 3 capacitor. bervoltase 350v. tapi lebih banyak lebih bagus.

    BalasHapus
  77. Apa bisa ini digunakan untuk menstabilkan tegangan genset?

    BalasHapus
  78. Gan saya punya generator 7.5 kilo. rencananya saya mau buat genset rotasi menggunakan dinamo tetapi dinamo kekuatan berapa yang harus saya gandengkan dengan generator 7.5 kilo... mohon penjelasannya....

    BalasHapus
  79. Pak Agus,
    Terima kasih sebelumnya untuk artikel yg bagus dan berguna sekali untuk orang banyak.
    Mohon maaf kalau boleh saya tanya, saya punya mesin laser cutting yang menggunakan daya sekitar 1500 watt total, dan seringkali bermasalah dengan power supply dan controller board. Setelah di usut, kami temukan bahwa tegangan yang kami terima tidak stabil, voltage stabilizer 5000watt kami setiap sekitar 20-30 menit menyala, turunnya tidak banyak, dari stabil 220 ke 200 atau 210.
    Apakah kapasitor bank ini bisa jadi solusi saya untuk membantu stavolt saya bekerja lebih efisien dan menjaga tegangan tetap stabil di 220V? kalau bisa, menurut pak Agus, berapa besar kapasitor bank yang saya butuhkan dan dimana saya beli?
    Terima kasih banyak sebelumnya, semoga pak Agus berkenan membantu memberikan masukan.

    BalasHapus
  80. Begini mas..saya ngontrak rumah bekas pemakaian ac.apa itu berpengaruh dengan pemakaian yg sekarang.sekarang saya cuma pakai kulkas,tv sama kipas angin saja.tapi kok puteran kilometer listriknya itu kenceng bget.berbeda dengan rumah sebelah yg bkn bkas pke ac .pemakaian skrg sama tapi kok puterannya gak sekencang dirumah saya .kenapa ya mas,tlong ditunggu jawabannya.terimakasih

    BalasHapus
  81. Maaf boleh sekiranya untuk ikut diskusi
    Listrik di tempat saya tinggal daya nya turun cukup jauh , bahkan ketika di cek oleh PLN bisa mencapai 157 v di posisi terendah dan hanya 180 v di posisi tertingi. Dalam kondisi seperti ini apakah dengan bantuan stabilizer bisa membantu menstabilkan tegangan? Benarkah satu2 solusi ialah membuat tiang listrik di tempat saya tinggal?
    Terima kasih

    BalasHapus
  82. Mau tanya gan... ini kpasitorny ekektrolit atau yg kapasitor biasa yg dipakai didalam motor(dinamo)

    BalasHapus
  83. Mau tanya gan... ini kpasitorny ekektrolit atau yg kapasitor biasa yg dipakai didalam motor(dinamo)

    BalasHapus
  84. Ass. Mas tolong masukannya.
    Saya ada kompresor mini mrek multipro.
    Saya heran kenapa ya sekring nya sering putus.
    Sekring nya 3amper.
    Knapa ya mas sekring it mudah putus walaupun baru di ganti? (Ap sekringnya kurang tinggi tegangannya, apa ad masalah di kabel dan kapasitornya ya mas.)

    BalasHapus
  85. Ass. Mas tolong masukannya.
    Saya ada kompresor mini mrek multipro.
    Saya heran kenapa ya sekring nya sering putus.
    Sekring nya 3amper.
    Knapa ya mas sekring it mudah putus walaupun baru di ganti? (Ap sekringnya kurang tinggi tegangannya, apa ad masalah di kabel dan kapasitornya ya mas.)

    BalasHapus
  86. Mlm gan saya endri mau nanya gan ap bisa genset 2500 watt di pake buat ngelas gan mesin saya lakoni 900 watt.trima kasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab saja gan..Harusnya genset 2500 watt mampu untuk mesin las 900 watt.Cuma saran saya kalau bisa tambahkan stabilizer 2000 watt buat lebih menjaga kestabilan output genset.Saya juga memakai genset 2500 watt buat mesin las 900 watt saya merek rhino.

      Hapus
  87. Sy ada masalah, TV sering mati sesaat setelah menghidupkan Sanyo pompa air 125 W. Lebih tepatnya saat pompa berhenti menyala, TV juga ikut mati 2-3 detik, trus menyala lg. Kenapa ya pak ? Bgm mengatasinya ? Kuatir TV sy cepat rusak. Makasih atas perhatiannya.

    BalasHapus
  88. Guys, tolong pencerahannya ..
    Gmn mngatasi motor listrik pada kompresor agar kerja dengan baik berpustar stabil ,listrik rumah 2000watt digunakan bersamaan dengan trafo las motor listrik pada kompresor putarannya jadi rendah ..
    Trims

    BalasHapus
  89. salam gan

    saya mempunyai kompresor anging untuk cat, tiba tiba tekanan anginnya ga naik naik dilhat , kemudian diperbaiki setelah beberapa bulan kejadiaan terulang saya membeli yang baru eh sama juga tekanannyan berkurang , pertanyaannya apa itu di kapasitor bawaan yang rusak atau dari mesin pompanya terima kasih

    BalasHapus
  90. Makasih gan atas petunjuknya

    Ayo gabung bersama Agen Bola Sbobet 365liga.
    Untuk pendaftaran kunjungi situs kami di http://365liga.net

    BalasHapus
  91. Mohon petunjuk nya mas, berapa ukuran kapasitor tambahan untuk mesin air Sanyo 125 Watt.syukron...

    BalasHapus
  92. info no.contact utk konsultasi..bisa

    BalasHapus
  93. mau tanya mas ,,kalau untuk listrik 4500watt d kasih capasitor brp micro
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  94. Artikelnya sangat bermanfaat!
    iya mas, kalau cara menentukan berapa Micro kapasitor bagaimana, ya?
    Salam.

    info lain, kunjungi:
    Https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com

    Thanks

    BalasHapus
  95. Selain stabilizer, apa ada cara lain yg bisa digunakan??

    BalasHapus
  96. Mas Agus...,saya mau ikutan bertanya,saya beli kulkas freezer baru,220 v/100 waatt.masalahnya listrik di rumah tenganganya sekitar 160-180 Volt....saya menggunakan stavol agar teganganya bisa 220 Volt.tapi kompresor kulkasnya kadang hidup kadang mati,dan proses pendinginannya lama.....
    saya coba pakai generator yg tegangannya 220 Volt,dan biasa hidup normal......
    apa ada yg salah dg stavol saya mas?

    BalasHapus
  97. Mas bro, saya coba pasang capasitor buat stabilizer rumah 300 mfd 230 volt tp rumah dipasang di stopkontak kok langsung njeglek alias ga kuat kaya ada konsleting, padahal kapasitor baru dan berfungsi normal.

    BalasHapus
  98. Mas bro, saya coba pasang capasitor buat stabilizer rumah 300 mfd 230 volt tp rumah dipasang di stopkontak kok langsung njeglek alias ga kuat kaya ada konsleting, padahal kapasitor baru dan berfungsi normal.

    BalasHapus
  99. Assalamualaikum.mas Agus apakah dengan pemasangan kapasitor 100mf/350 wt ke pompa air 120 wt di karenakan tegangan listrik cuma 170 volt tdk akan menimbulkan panas ke dinamo dan kemungkinan rusak

    BalasHapus
  100. Pak agus bisa dijelaskan mengapa harus menggunakan kapasitor 10 uf dengan jumlah 3 pcs pada teganfan 350 v ?
    Tolong dijelaskan dengan rumus
    Terimakasih

    BalasHapus
  101. aswrwb..dinamo saya tertuliis 1.5 pk...tapi ko mcb kwh 6 amper g bisa nyalakan mas alias jatuh trus saat dinyalakan...mohon mas dibantu gmn cara mengatasinya tampa robah daya kwh,pabisa kapasitor bank bisa mengatasinya mas...makasih sebelumnya wassalam

    BalasHapus
  102. prof agus saya mau tanya saya punya kompresor 1,5 hp klo di nyalain barengan kulkas ko sikring ny turun klo kulkas di of mesin kompresor ny hidup sedangkan listik saya 900 wat ..tolong di bantu

    BalasHapus
  103. Gan listrik Ane 900 va mau ngidupin ac 1 pk. Berapa mikro n va kapasitor yang dipake n perlu berapa pcs. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  104. pak suhu...saya butuh banget ilmunya pak suhu,..
    saya kepengen rakit generator tanpa BBM, niat saya pake skema : dinamo motor --- flywheel --- dinamo listrik merk TENCO 5.5KVA ---- Stabilizer --- instalasi listrik
    pertanyaan saya :
    1. mohon saran berapa besar watt dan rpm utnuk dinamo motor penggerak yang digunakan?
    2. berapa besar flywheel yang saya butuhkan
    3. agar dapat hidup terus menerus bagaimana saya harus menghubungkan output dari dinamo listrik kembali ke Dinamo motor ?
    4. apakah saya menggunakan stabilizer dengan ukuran 5.5kva juga atau lebih besar dari 5.5kva untuk dipake sebagai output sebelum masuk kedalam instalasi rumah?
    atas ilmu yg pak suhu berikan saya sangat sangat berterimakasih sekali...
    kalau boleh saya berkonsultasi via telepon saya sangat berterimakasih sekali...nomor saya 081268245226

    BalasHapus
  105. pak mau tanya, kalo kapasitor bisa buat menstabilkan listrik dari genset langsung ke UPS?

    BalasHapus
  106. Pak mau nanya, saya baru saja beli mesin cuci tapi mesin saya tidak nyala, apakah dikarenakan daya listrik di kossan saya harus ditambah?

    BalasHapus
  107. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  108. Mau nanya ni agan,saya tidak masalah listrik,saya mohon solusi mengenai listrik saya dirumah,saya miliki daya 900,saya punya kulkas 2,1 didapur dan 1 dikamar,saya suka main PS3 dirumah,sekarang PS3 saya rusak padahal sudah pakai stavol,setiap kulkas ngangkat listrik agar dingin stavol saya selalu menunjukkan turun tegangan,sampai PS3 saya rusak padahal kulkas baru ada dikamar sekitar 5 hari.mohon solusi untuk turunnya tegangan dirumah saya ini?

    BalasHapus
  109. Pak saya mau tnya knp tgangan 900watt turun pdhal pemakaian sya cuma setrika'an,tv,mejikom,untk nyalain despenser yg pans dingin aj langsung turun

    BalasHapus
  110. Mas voltase di daerah sya turun klo mlm hri(abis magrib smpai jma 9) solusi n mas agus

    BalasHapus
  111. Maaf mas pertanyaan saya mungkin keluar topik. Maaf tau listrik tapi cuma dikit2.

    Saya rencana pengen daur ulang dinamo bekas peralatan ac, ya karena profesi saya tukang AC panggilan.

    Saya kadang dapat dinamo fan DC,
    Dan saya berencana bekas bekas dinamo tersebut ingin saya gunakan sebagai free energi, kebetulan di daerah saya anginnya berpotensi untuk itu. Lumayan stabil. Rencana buat lampu LED penerangan jalan kampung.

    Pertanyaan saya.
    Bagaimana mana untuk untuk menyiasati agar tegangan bisa stabil di 12volt DC.?

    Sebagai pertimbangan. Kemungkinan hasil listrik dari dinamo antara 0- 100volt
    Jika berkenan tolong email saya ke rusmansmt@gmail.com

    Terimakasih Mas

    BalasHapus
  112. Maaf ya kalo nyimpang,,,
    Saya di daerah pedesaan, saya punya turbin buatan sendiri,, arus listrik bagus,,, bisa sampai 250vAm,,,kalo di bebankan ke kulkas atau mesin cuci kenapa langsung down jadi 100vAm ya,,, tolong pencerahanya,,, untuk desa pedalaman nih,,,,

    BalasHapus
  113. Mohon maaf mau nanya
    Listrik saya 11.000 watt.single pas
    Saya gunakan untuk kincir tambak.
    Yang semula 220v.
    Ketika saya nyalakan motor 2hp 2 buah masih stabil.
    Tp bila sudah 5 tegangan sudah tutun di bawah 200 v.
    Untuk nyalakan 6,7 atau 2 sdh ga ngakat .
    Gmn solusinya pak

    BalasHapus
  114. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  115. pak mau tanya penyebab mesin generator las diesel ketika start tegangan normal tapi ketika dipake buat ngelas tegangan langsung drop, kira2 tu permasalahannya dmna y pak?
    mohon bimbingannya suhuuu

    BalasHapus
  116. permisi pak,saya peternak ayam mau tanya tentang listrik,saya pasang listrik 4400watt 1 phs,dikarenakan kandang tidak ada jalur pln,kepala meteran pln ada dirmh saya tarik kabel sejauh 3,3km ke kandng,knl standar pln,sr 10x16, masalahnya bila saya pake exsause 1,2 pk gak mau ngangkat cuma berputar pelan,solusinya apa ada pak,,tapi kalau pakai blower 300watt x2 mampu,exsause saya ada 4,trims

    BalasHapus
  117. siang , mas saya mau tanya

    listrik di tempat saya sering yurun voltase nya sampe ke angka 150 volt hingga menyebabkan alat rumah tangga yang menggunakan motor induksi cepat rusak(kulkas, kipas angin, mesin cuci ...

    apakah saya bisa nya menggunakan step up travo saja ? atau bisa ditambah kapasitor di tiap2 motor listrim ..
    thanks

    BalasHapus
  118. Siang, mas saya mau tanya

    saya punya dinamo 3000watt,bagaimana caranya menambah daya dinamo?

    BalasHapus
  119. Saya punya mesin sumer sible ... jarak antara meteran listrik sampai mesin pompa 700 m..arus daya listrik sebelum mesin saya nyalakan 200 volt.. namun setelah mesin saya nyalakan tegangan tinggal 150 volt..ukuran kabel 25/2 ..
    Bagaimana cara mengatasinya???
    terima kasih.

    BalasHapus
  120. Gimana caranya dinamo 1pk aman di listrik 900

    BalasHapus
  121. Listrik rumahan 3500 watt, bgmn kalau diberi kapasitor yg faradnya besar misalnya 400uF/250vac, apakah meteran bisa rusak ?

    BalasHapus
  122. Mau tanya pa.. tegangan volt dirumah 170,tidak sampai 220v, hingga pompa air tidak kuat tarikan'y,apa yg harus dilakukan apakah ganti capasitor yg lebih besar atau kasih stabilizer? kalau ganti kapasitor yg ukuran berapa? Terimakasih

    BalasHapus
  123. Gan pompa air ane shimitzu pake kabel telpon yg diameter kawat 0.6 kayaknya.. pompa air cpt panas , kalo nyala agak lama mesin mati sendiri nanti hidup lagi.. nah skarang mati total padahal belum lama mesin pompanya

    BalasHapus
  124. Saya punya Sibel 3hp kedalaman 24m,pipa outlet2,5 dim. Kenapa dayanya cuma 2600 Watt padahal voltasenya normal diatas 200v Kulo nyala,herannya Sibel tetangga sepeknya sama dayanya nyampe 3200 watt

    BalasHapus
  125. Maaf mas sy ada kompresor mini.18V.listrik nya sy 450w.gmn spya bs .

    BalasHapus
  126. Gan mau nya, gimana cara menormalkan voltase. Dikarenakan voltase 228 kalau dimuati Sibel 4dim voltase tinggal voltase 147. Jarak meter pln degan Sibel 1500 meter?

    BalasHapus

Komentar anda tidak langsung dapat muncul, menunggu moderasi